Uji Coba Lawan Persebaya, Rasiman Beberkan Kesiapan Persis Solo

Klub Liga 1, Persebaya Surabaya, resmi diumumkan sebagai calon lawan Persis Solo dalam agenda uji coba di Solo, Sabtu (26/11/22) sore. Pada persiapan akhir, Laskar Sambernyawa fokus mematangkan taktik tim.

Persebaya resmi menjadi lawan uji coba ke-13 sepanjang kompetisi Liga 1 2022/2023 dihentikan. Yang menjadi spesial, laga ini akan disiarkan secara langsung lewat stasiun televisi Indosiar.

Pertarungan Persis Solo melawan Persebaya layaknya gerbang pembuka menuju lanjutan Liga 1. PT Liga Indonesia selaku operator sudah memberi kode Liga 1 segera berjalan.

Bahkan, perwakilan klub Liga 1 sudah dikumpulkan di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (24/11/22). Agenda itu merupakan “Sosialisasi Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola”.

Maka, Persis Solo tak sekadar memandang laga melawan Persebaya sebagai uji coba biasa. Abduh Lestaluhu dkk. akan dipersiapkan serius agar tampil maksimal lawan tim Bajul Ijo.

Dalam beberapa sesi latihan terakhir, fokusnya sudah tertuju pada Persebaya. Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menyebut tim pelatih diberi penekanan tentang cara bermain lawan Persebaya. “Kita ada latihan teamwork, artinya kita matangkan lagi taktik yang dipakai melawan Persebaya,” kata Rasiman, Kamis (24/11/22) petang.

Rasiman menegaskan bahwa Persis Solo tak akan mengubah cara bermain, entah itu laga kandang maupun laga tandang.

Persis Solo tak sekadar ingin bertahan. Laskar Sambernyawa siap bermain menyerang penuh. Cara ini sudah dibuktikan dalam dua laga uji coba di Malaysia.

Cara itu cukup sukses dijalankan Samsul Arif dkk. Persis Solo bisa menahan imbang Johor Darul Takzim (JDT) 1-1 di Stadion Sultan Ibrahim. Lalu, Persis Solo menghajar Tanjong Pagar Singapura 5-2 di Stadion Larkin.

“Kita bermain dengan normal. Kita gunakan apa yang selama ini sudah kita raih,” jelas Rasiman.

“Di Johor, ada banyak hal yang kita bisa dapat di sana, terutama teamwork. Sekarang kita lebih kelihatan bermain sebagai tim,” lanjut Rasiman.

Menurut Rasiman, progres itu menjadi faktor kunci jika Persis Solo ingin bangkit di Liga 1. Dalam sebelas laga awal, Persis Solo masih tercecer di peringkat ke-14 dengan 11 poin.

“Hubungan antarpemain menjadi bagus, termasuk dengan pelatih, hal itu yang selama ini belum kita temukan. Jadi, saya rasa kita akan main normal, seperti yang sudah biasa kita lakukan,” tutur Rasiman.

Rasiman memastikan bahwa seluruh pemain dalam kondisi siap, termasuk bek senior, Andri Ibo, yang tak dimainkan dalam dua uji coba di Malaysia.

Namun, Rasiman akan melihat perkembangan pemain pada Sabtu pagi. Rasiman menegaskan bahwa pemain yang akan dimainkan harus dalam kondisi 100 persen.

“Semua pemain oke, cuma kita masih analisa beberapa pemain yang baru recover, tapi kita lihat bahwa semua pemain siap,” ucap Rasiman.

Uji coba ini menjadi yang kedua dilakukan Persis Solo dengan Persebaya. Sebelum kompetisi bergulir, Persis Solo sempat uji coba di Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 22 Mei 2022 lalu.

Bedanya, pada edisi kali ini, pertandingan akan digelar tanpa penonton maupun suporter dari kedua tim. Laga ini akan digelar tertutup.

Namun, suporter Persebaya Surabaya dan Persis Solo di Liga 1 bisa menyaksikan lewat layar kaca Indosiar mulai pukul 14.30 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.