Profil Muhammad Dzaky Asraf, Wonderkid PSM yang Siap Guncang Piala AFF 2022

Salah satu pemain Timnas Indonesia U-20, Muhammad Dzaky Asraf, menjadi kejutan tersendiri dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Timnas Senior Indonesia, Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Sebab, ini adalah kali pertama bagi Muhammad Dzaky mendapatkan panggilan Timnas Indonesia di level senior. Sebelumnya, dia memang sukses mencuri perhatian saat Timnas U-20 menggelar TC di Turki dan Spanyol.

Selain Muhammad Dzaky, dua nama pemain Timnas U-20 lainnya yang juga dipanggil Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022 ialah Muhammad Ferarri dan Marselino Ferdinan.

Untuk dua pemain ini, pemanggilan ke skuad Merah Putih senior bukanlah hal yang baru. Sebab, sebelumnya mereka sempat tampil ketika Timnas Indonesia menghadapi Curacao pada ajang FIFA Matchday.

Profil Muhammad Dzaky

Muhammad Dzaky Asraf merupakan salah satu pemain muda yang sukses mencuri perhatian bersama PSM Makassar di awal musim 2022/2023. Sebab, pemain yang berusia 19 tahun ini bisa menembus tim utama.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, tampaknya sudah sangat terpukau dengan bakat yang dimiliki pemain kelahiran Polewali Mandar ini. Sebab, ia tak segan untuk memberikan kesempatan bermain bagi pemain muda tersebut.

Dari sejumlah kesempatan, Muhammad Dzaky lebih sering dimainkan pelatih asal Portugal itu di sektor sayap, baik di sisi kanan maupun kiri. Namun, posisi naturalnya memang berada di kanan.

Sebagai informasi, Muhammad Dzaky awalnya menimba ilmu bersama sekolah sepak bola (SSB) Majene sebelum bergabung dengan tim junior PSM Makassar.

Debutnya bersama PSM Makassar di Liga 1 2022-2023 tercipta ketika skuad Juku Eja bertandang ke markas PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo pada 23 Juli 2022.

Sejak saat itu, Muhammad Dzakyselalu mendapat kepercayaan penuh dari Bernardo Tavares. Itu terbukti dari catatan 10 pertandingannya bersama Pasukan Ramang di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Tak hanya itu saja, sejak meraih kesempatan promosi ke tim utama, Muhammad Dzaky juga telah mencatatkan dua pertandingan di Piala Presiden 2022 dan empat aksi di Piala AFC 2022.

Dengan catatan semacam itu, maka tak heran apabila Muhammad Dzaky disebut sebagai salah satu pemain muda terbaik yang muncul pada musim ini.

Tentu saja, pemanggilan yang didapat pemain bernama lengkap Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi Syam itu sangat berharga untuk terus mengembangkan level permainannya.

Pasalnya, Dzaky bakal mendapatkan bimbingan lebih intens dari para pemain senior timnas Indonesia yang sudah banyak mencatatkan caps internasional.

Jika mampu mencuri perhatian, Dzaky tentu akan mengikuti jejak beberapa pemain sebelumnya yang meraih kesuksesan setelah promosi ke timnas Indonesia. Sebab, ada nama-nama seperti Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, hingga Rizki Ridho.

Mereka sempat jadi pemain andalan Shin Tae-yong di timnas U-19, tetapi kemudian dipromosikan ke level senior untuk menghadapi Piala AFF 2020.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.