Update Proses Naturalisasi Justin Hubner dan Ivar Jenner, Berkas Sudah Lengkap!

Hamdan Hamedan selaku utusan PSSI untuk proses naturalisasi pemain keturunan, memberikan informasi terbaru terkait perkembangan perubahan kewarganegaraan Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Kepada kanal YouTube @Chandra Margatama, Hamdan menjelaskan proses naturalisasi dua pemain yang diproyeksi untuk Timnas Indonesia U-20 tersebut baru memasuki tahap awal.

“Justin (Hubner) dan Ivar (Jenner) sudah datang ke Indonesia dan sudah melengkapi dokumen,” kata Hamdan Hamedan dilansir dari BolaTimes–jaringan Suara.com, Rabu (23/11/2022).

“Nah, dokumen ini sudah lengkap dari federasi dan tentu akan dikirim secepatnya. Secara kelengkapan dokumen, mereka sudah lengkap.”

Meski belum sah menjadi WNI, Justin Hubner dan Ivar Jenner sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia U-20 yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Eropa.

Tercatat, Justin dan Ivar sempat mengungkapkan bahwa mereka bangga bisa membela Timnas Indonesia dan siap untuk beradapatasi dengan filosofi permainan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong.

“Saya mengetahui pelatih menyukai permainan fisik dan menunjukkan kerja keras untuk menang. Saya adalah pemain yang selalu mau menang dan kerja keras,” kata Justin Hubner dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (12/11/2022).

Hamdan Hamedan menjelaskan bahwa proses naturalisasi Justin dan Ivar masih memerlukan tahapan yang cukup panjang. Dia pun menjelaskannya secara rinci.

“Pertama, calon pemain naturalisasi harus mendapatkan rekomendasi tertulis yang diminta oleh pelatih (Shin Tae-yong). Pelatih harus mengajukan nama tersebut kepada federasi. Kemudian federasi tersebut mengadakan rapat untuk mengetahui asal-usul pemain tersebut,” tukas Hamdan.

Ia menambahkan proses berlanjut ketika surat kajian dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) diterbitkan.

Usai surat kajian diterbitkan, calon pemain naturalisasi tersebut akan mengumpulkan beberapa dokumen.

Dokumen tersebut nantinya akan diserahkan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), lalu dikirim ke Sekretariat Negara (Setneg) RI.

Lalu dari Setneg, calon pemain naturalisasi akan dilakukan wawancara kepada Badan Intelejen Negara (BIN).

Kemudian hasil wawancara dan tes kesehatan nanti beserta berkas akan dibawa ke DPR guna dilakukan rapat untuk persetujuan para anggota DPR.

Usai disetujui, nantinya berkas akan dikembalikan ke Setneg sebagai syarat dikeluarkan Keputusan Presiden (Keppres).

Jika Keppres terbit, tentunya akan dikembalikan ke Kemenkumham guna diterbitkan pengambilan sumpah sebagai WNI untuk calon pemain naturalisasi.

Usai disumpah, pemain akan mengurus berkas seperti KTP, Paspor dan Kartu Keluarga guna menyelesaikan tahapan naturalisasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.