Liga 1 Abu-abu, Begini Situasi dan Kondisi Bhayangkara FC

Bhayangkara FC terus berlatih rutin, meski kick off lanjutan Liga 1 2022/2023 belum ada kepastian. Pemain The Guardian tetap digenjot agar dalam kondisi siap saat kompetisi dilanjut.

Pelatih Bhayangkara FC, Widodo C. Putri menjadwalkan latihan lima kali dalam satu pekan. Evaluasi juga dilakukan berdasarkan hasil yang diraih di 10 laga Liga 1.

“Kenapa Bhayangkara FC tidak diliburkan meski hingga kini belum ada kepastian kapan liga akan kembali dimulai? Karena kami ingin kapan pun kompetisi dijalankan kembali kami sudah siap,” kata Widodo C Putro.

Pelatih 52 tahun juga modifikasi program latihan untuk menghindari kejenuhan bagi pemain. Sebab, mereka hanya bisa berlatih hampir dua bulan terakhir, tanpa bertanding di kompetisi reguler.

“Kami memodifikasi latihan karena mengerti kalau memang latihan intensitas tinggi tapi kompetisi belum jelas itu akan membuat jenuh,” ungkap Widodo.

“Ada waktunya materi latihan dinaikan. Karena kalau tidak dinaikan atau terlalu rendah, nanti kalau kompetisi pas jalan mengangkatnya kembali akan sulit,” lanjut pelatih kelahiran Cilacap, Jawa Tengah tersebut. 

Sejauh ini, para pemain Bhayangkara FC juga masih enjoy jalani latihan. Bek kiri, Ruben Sanadi mengatakan mereka harus tetap jaga kondisi agar tidak temui kendala saat Liga 1 2022 dilanjut.

“Saya sendiri tidak ada masalah kita terus latihan. Karena kita tidak tahu kapan tiba-tiba liga digulirkan. Sejauh ini saya dan teman-teman menjalani porsi latihan dengan enjoy,” ujar bek 35 tahun itu.

Selain latihan rutin, Bhayangkara FC juga telah jalani beberapa laga uji coba. Tim yang bermarkas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang itu menang 2-1 atas Persita Tangerang, kalah 1-3 dari Persija Jakarta dan lawan klub Liga 2, FC Bekasi.

Sebelum Liga 1 distop sementara, Bhayangkara FC sudah mainkan 10 pertandingan. Hasilnya bisa dikatakan buruk karena Ruben Sanadi dkk telan lima kekalahan, tiga kali seri dan baru dua kali menang.

The Guardian kini berada di zona degradasi, tepatnya peringkat ke-16 klasemen sementara Liga 1 2022 dengan raihan 10 poin. Tim juara Liga 1 2018 itu hanya terpaut satu poin dari Persik Kediri yang tempati dasar klasemen.

Sementara itu, kick-off lanjutan Liga 1 2022 dijadwalkan paling telat 2 Desember mendatang. Kompetisi sudah vakum hampir dua bulan setelah kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Namun, hingga saat ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dan PSSI belum mendapat izin resmi dari pemerintah dan kepolisian terkait lanjutan Liga 1.

LIB menjadwalkan Liga 1 harus dilanjut pada 2 Desember karena harus berakhir sesuai jadwal yakni 16 April 2023. Itu karena ada Piala Dunia U-20 2023 yang digelar Mei nanti di Indonesia.

Apabila berjalan sesuai rencana, maka Liga 1 akan tetap dimainkan saat Piala AFF 2022. Kompetisi tidak bisa diliburkan lagi karena tidak bisa selesai tepat waktu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.