3 Stadion Ini Jadi Opsi Venue Pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberikan bocoran mengenai lokasi pembukaan Piala Dunia U-20 2023. Dia menyebutkan ada tiga stadion yang menjadi alternatif untuk menggelar prosesi tersebut.

Tiga stadion tersebut, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). 

“Jadi tiga itu (Jakarta, Solo, Surabaya) yang menjadi alternatif pilihan kita, tergantung FIFA yang memutuskan, bukan kami,” ungkap Menpora Amali dikutip situs resmi Kemenpora.

Lebih lanjut, pria asal Gorontalo itu menegaskan jika nantinya terdapat perbedaan antara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar dengan Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Dia menyatakan seremoni akan dilakukan secara sederhana lantaran FIFA tidak memberi lampu hijau untuk dibuat seperti itu.

“Nanti di U-20 itu tidak ada gegap gempita pembukaan seperti yang senior,” kata Amali.

“Pembukaan U-20 itu adalah pertandingan pertama, paling ada kata-kata pengantar yang tidak lebih dari 5 menit. Padahal saya sudah minta dan Pak Presiden Jokowi juga minta setidaknya supaya ada pembukaan yang meriah seperti pembukaan Asian Games, tetapi ternyata aturan FIFA tidak memungkinkan untuk itu,” tambahnya.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri akan digelar di Indonesia pada 20 Mei – 11 Juni 2023. Rencananya, terdapat enam kota yang akan menjadi tuan rumah, yaitu Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, Bali, dan Palembang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.