Seluruh Liga Ditunda, Madiun Putra FC Tetap Latihan Rutin

Tragedi Kanjuruhan berimbas penundaan seluruh kompetisi sepak bola di Indonesia khususnya Liga 1, 2, dan 3. Kompetisi Liga 3 yang termasuk kelas amatir juga turut ditunda. Meski begitu, Madiun Putra FC tetap menggelar latihan rutin.

“Kami belum mengambil kebijakan untuk meliburkan tim karena kami masih berharap kompetisi akan diputar dalam waktu dekat ini, selain itu, ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam menyiapkan Madiun Putra FC untuk berkompetisi” Ujar Duta Radia selaku Manajer Madiun Putra

Tim anak asuh Coach Roni Tri Prasnanto ini masih berlatih setiap hari di Lapangan Rejomulyo dan Lapangan Winongo Madiun setiap hari. “Namun kami kesulitan mencari lawan untuk ujicoba, karena kebanyakan tim Liga 3 meliburkan timnya, agar pemain tidak jenuh hanya latihan, kami akan mencoba mengagendakan ujicoba dengan tim lokal baik di Kota Madiun maupun Kabupaten Madiun,” kata Duta.

Diketahui, tragedi kemanusiaan yang memakan ratusan korban yang melibatkan pertandingan sepakbola antara Arema FC melawan Persebaya memang berimbas kepada seluruh lapisan kompetisi Sepak Bola di negeri ini. Tidak hanya Liga 1 dan Liga 2, bahkan Liga 3 yang statusnya amatir juga mengalami penundaan atau penghentian sementara kompetisi.

PSSI selaku federasi sepakbola baik pusat maupun asosiasi masing-masing provinsi masih bungkam terkait kelanjutan kompetisi. Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bentukan pemerintah membutuhkan waktu setidaknya minimal 3 minggu untuk mengungkap bukti-bukti terkait kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, 1 Oktober 2022 lalu.

Atas dasar hal tersebut, beberapa klub baik Liga 1 hingga Liga 3 banyak yang mengambil opsi untuk meliburkan tim. Bagi liga 3 yang statusnya amatir, mundurnya kompetisi ini akan sangat terasa dari segi operasional tim yang akan membengkak. Selain. meliburkan tim untuk menekan pembiayaan, beberapa klub juga melakukan kebijakan ekstrem dengan melakukan pembubaran tim sementara sampai kompetisi pasti dijalankan. (fiq/kun/beritajatim)