Piala Dunia Sepak Bola Amputasi: Kalah 0-5 dari AS, Indonesia Jadi Juru Kunci Grup C

Tim sepak bola amputasi Indonesia harus mengakhir petualangan dalam Piala Dunia di Turki, Senin (3/10/2022) malam Waktu Indonesia Barat. Tim asuhan Bayu Guntoro tersebut menyerah 0-5 dari Amerika Serikat.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di TFF Riva Nr.1B, Turki, tiga gol AS dicetak Nicolai Calabria pada menit 1, 25, 43, dan Carlos Ayala pada menit 27. Gol lainnya pada menit 15 adalah hasil bunuh diri tim Indonesia.

Dengan kekalahan ini, Indonesia menjadi juru kunci Grup C dengan nilai nol, kebobolan 11 gol, dan tidak mencetak gol ke gawang lawan sekalipun. Juara Grup C adalah Argentina yang mengalahkan Inggris 3-2. Argentina mengantongi nilai 9 dari tiga kemenangan. Peringkat kedua grup adalah Amerika Serikat dengan nilai 6. Inggris berada di peringkat ketiga dengan nilai 3.

Bayu Guntoro, pelatih tim Indonesia, mengakui kemenangan Amerika Serikat. “Hari ini ada pembelajaran berharga bagi kami. Pemahaman taktik kami masih lemah. Kami sering melakukan kesalahan yang akhirnya bisa dimanfaatkan tim Amerika,” katanya.

Para pemain Indonesia diakui Bayu kurang berfokus dari menit awal. “Ini akhirnya bisa dimanfaatkan oleh Amerika untuk mencetak gol lebih dulu. Ini membuat kami lebih mengalami kesulitan dalam memenangi pertandingan,” kata Bayu.

Namun, Bayu tetap bangga dengan penampilan anak-anak asuhnya. “Mereka sudah berjuang keras. Mudah-mudahan ke depannya kami bisa belajar lebih dari ini,” katanya. [wir/but/beritajatim]