Indonesia-Vietnam-Thailand Lolos ke 8 Besar Piala Asia Futsal, Asean Jadi Region Terkuat di Jagad Futsal Asia?

Trio “bestie” dari Asia Tenggara lolos ke perempat final Piala Asia Futsal 2022, menyaingi region Asia Tengah yang dihuni Iran.

Indonesia beserta Vietnam dan Thailand dapat lolos ke perempat final Piala Asia 2022, sebuah capaian fenomenal bagi Asia Tenggara.

Indonesia, Vietnam, dan Thailand lolos dari grup masing-masing untuk berlaga di perempat final Piala Asia 2022, Selasa (4/10/2022) hari ini.

Bagi Indonesia, tim Merah Putih mencetak sejarah dengan untuk pertama kali melaju ke babak ini dalam 10 partisipasi di Piala Asia.

Tim asuhan Mohammad Hashemzadeh menjadi tim terbaik setelah Iran di Grup C, yang juga dihuni Lebanon dan China Taipei.

Timnas Indonesia pada mulanya takluk 0-5 dari Iran, untuk kemudian bangkit melumat Lebanon (7-2) dan China Taipei (4-1).

Secara individu, Muhammad Fajriyan bisa menjadi pivot tajam dengan koleksi empat gol, disusul bomber Syauqi Saud dengan dua gol.

Di perempat final, Indonesia akan melawan Jepang, satu-satunya negara yang pernah menjadi juara Piala Asia selain Iran.

“Jepang adalah salah satu yang terbaik di Asia, selalu finish di peringkat pertama atau kedua,” terang Hashemzadeh di laman resmi AFC (3/10/2022).

“Kami menurunkan tim muda, dan kami datang ke sini untuk menambah pengalaman, kami ingin laga sulit untuk berbenah,” jelasnya.

Di grup lain, Thailand memuncaki Grup A dengan koleksi tujuh poin, hasil dari menang atasIraq dan Oman, serta imbang melawan tuan rumah Kuwait.

Vietnam secara mengejutkan lolos dari Grup D, terbukti raihan identik enam poin dengan Jepang dan Arab Saudi.

Dengan keberhasilan trio Indonesia-Thailand-Vietnam, Asia Tenggara menjadi region dengan wakil terbanyak di delapan besar Piala Asia edisi ini.

Timnas futsal Indonesia saat melawan Iran di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City pada Rabu (28/9/2022) di ajang Piala Futsal Asia 2022

Khaleel Nadoum/AFC

Timnas futsal Indonesia saat melawan Iran di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City pada Rabu (28/9/2022) di ajang Piala Futsal Asia 2022

Jumlah tiga wakil tersebut sama dengan Asia Tengah, di mana terdapat raja Asia yaitu Iran yang ditemani Tajikistan dan Uzbekistan.

Jika Iran sudah menjadi juara Piala Asia Futsal sebanyak 12 kali, capaian tertinggi yang pernah dicapai wakil Asean adalah runner-up, yang dilakukan oleh Thailand pada 2008 dan 2012.

Indonesia dapat mengklaim telah melakukan pembinaan futsal dengan tepat, dibuktikan dengan capaian final runner-up Piala AFF 2022, hanya kalah dari Thailand via adu penalti.

Berikut jadwal tiga wakil Asean di perempat final Piala Asia Futsal 2022.

Selasa, 4 Oktober 2022
Iran vs Vietnam
Jepang vs Indonesia
Thailand vs Tajikistan