Garangnya Timnas Indonesia U-17 di Lini Depan, Bakal Tetap Jos Saat Jumpa UEA?

Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan besar saat menghadapi Guam U-17 di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/10/2022) malam, Garuda Asia menang 14-0.

Kemenangan itu menjadi kemenangan yang sangat penting bagi Timnas Indonesia U-17. Tim asuhan Bima Sakti itu kini ada di posisi kedua klasemen Grup B.

Arkhan Kaka dan kawan-kawan mengoleksi tiga gol. Mereka tertinggal tiga poin dari Uni Emirat Arab U-17 yang sudah bermain dua kali di Grup B.

Pada laga selanjutnya Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Uni Emirat Arab U-17, Rabu (5/10/2022).

Timnas Indonesia U-17 sudah cukup teruji ketajamannya di lini depan. Hal itu sudah teruji sejak ajang Piala AFF U-16 2022 pada Agustus lalu.

Di fase grup, Garuda Asia dua kali mengalami dua kali pesta gol. Riski Afrisal dan kolega saat itu menang 9-0 atas Singapura dan 5-0 atas Filipina.

Tim asuhan Bima Sakti saat itu menkhiri fase grup dengan status juara Grup A. Mereka meraih tiga kemenangan dalam tiga laga alias mengamankan poin sempurna.

Piala AFF U-16 2022 memang sangat berkesan. Saat itu Timnas Indonesia U-17 berhasil menjadi juara. Mereka juga selalu bisa mencetak gol dari fase grup, semifinal, dan di babak final.

Satu lagi kekuatan yang dimiliki oleh Timnas Indonesia U-17 adalah kolektivitas yang juga sudah teruji. Tak ada satu pun pemain di skuad Bima Sakti yang benar-benar dominan.

Arkhan Kaka boleh menjadi striker utama. Namun, jika ia sedang buntu ada pemain lain yang bisa menggantikan perannya dalam mencetak gol.

Di posisi penjaga gawang pun demikian. Andrika Fathir pada awalnya merupakan kiper cadangan. Namun, ia bisa menggantikan kiper utama yang cedera di Piala AFF U-16 2022 dengan baik.

Di posisi gelandang, opsi yang dimiliki Bima Sakti bahkan semakin banyak. Perbedaan kualitas antara Narendara Tegar, Hanif Ramadhan, Ji Da Bin, dan beberapa pemain lain tidak terlalu besar.

Laga versus Uni Emirat Arab akan sangat menentukan langkah kedua tim untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Sebab, hanya juara grup yang otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-17 tahun depan. Ditambah dengan enam runner-up terbaik dari 10 grup yang tersedia.