Eredivisie Heningkan Cipta Serentak, A Minute of Silence, KNVB: Kami Bersimpati untuk Indonesia

Selain Liga Spanyol Laliga, penghormatan untuk para korban tragedi Stadion Kanjuruhan juga digelar Liga Belanda, Eredivisie.

Eredivise Belanda melakukan penghormatan a minute of silence sebelum kick-off di semuam pertandingan Eredivisie pada hari Minggu (2/10/202).

Tragedi merenggut 174 nyawa terjadi dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan parca pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/1o/2022).

“Sebelum dimulainya semua lima pertandingan yang akan dimainkan di Eredivisie hari ini, mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati semua korban yang jatuh dalam tragedi di stadion Kanjuruhan,” kata juru bicara KNVB, Federasi Sepak Bola Indonesia. “Kami bersimpati dengan Indonesia.”

Jarang terjadi momen hening untuk mengamati peristiwa tragis di luar negeri dalam sepak bola Belanda.

Insiden itu adalah salah satu bencana stadion paling mematikan yang pernah ada. Para korban diinjak-injak setelah kerusuhan pecah dan petugas menembakkan gas air mata untuk membubarkan sekelompok besar orang yang berjalan ke lapangan.

Dikhawatirkan jumlah korban tewas bisa bertambah lagi, karena sekitar 180 orang masih dirawat di rumah sakit.

Menteri Luar Negeri Wopke Hoekstra mengatakan pada hari Minggu bahwa dia “sangat terkejut” tentang “insiden tragis di stadion sepak bola” di Indonesia.

Menteri tidak mengomentari peran polisi dalam insiden itu. “Pikiran kami bersama keluarga para korban dan mereka yang terluka,” kata Hoekstra (Tribunnews.com)