Paul Keenan Kasih Pemain Persija Program Latihan Secara Spesifik

Persija Jakarta coba menjaga kondisi pemain mereka pada jeda kompetisi Liga 1 2022/23 karena laga internasional FIFA.

Macan Kemayoran baru akan tanding kembali pada 2 Oktober, dengan dua pemain mereka dipanggil ke timnas Indonesia, Ferrari dan Syahrian Abimanyu.

Sementara ada juga pemain yang dipanggil timnas negara lain, seperti Ondrej Kudela yang dipanggil Republik Ceska, dan Abdulla Yusuf Helal yang dipanggil timnas Bahrain.

Paul Keenan sebagai pelatih fisik Persija menjelaskan, bahwa program secara spesifik akan diberikan kepada pemain per individu. Ia paham, bahwa tiap pemain punya kebutuhan berbeda.

“Karena ini adalah jeda pertama setelah pramusim dan tim ini melakoni enam laga dalam empat minggu, jadi kami memutuskan untuk meliburkan pemain dalam tiga hari,” ucap Paul.

“Mereka memerlukan regenerasi dalam tiga hari ini. Tapi saya menyiapkan program latihan untuk setiap pemain berdasarkan kebutuhan para pemain selama hari libur,” sambungnya.

Tentu Paul berharap pemain dapat memaksimalkan program yang sudah diberikan oleh tim pelatih. Persija juga harus was-was dengan kondisi pemain yang membela tim nasional, karena laga penting kontra Persib Bandung akan dilaksanakan 2 Oktober.

“ini semua dilakukan karena saat mereka melakukan latihan kembali di Sawangan, siklus latihan akan lebih berat dan mereka memerlukan adaptasi. Maka dari itu saya membuat program untuk para pemain. Saat hari pemulihan, program latihan pun berfungsi untuk meningkatkan respons hormonal para pemain,” katanya melanjutkan.

“Saya buat porsi latihan sesuai kebutuhan mereka, tergantung dengan menit bermain ataupun status cedera mereka. Contohnya Hansamu (Yama) hanya melakukan latihan tubuh bagian bawah karena dia sempat cedera di bagian kaki. Contoh lainnya adalah Hamra (Hehanusa) yang harus melakukan latihan seluruh tubuh karena dia belum mempunyai menit bermain dan sempat mengalami cedera pada bahunya,” tutup Paul.