Bima Sakti Beri Kode Spesial, Mimpi Wonderkid Borneo FC di Timnas U-16 Bakal Terwujud

Pemain Borneo FC, Muhammad Ridho Al Ikhsan berharap dipanggil ke Timnas Indonesia U-16 yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada Oktober mendatang.

Muhammad Ridho merupakan salah satu bagian penting dari skuad Garuda Asia saat juara Piala AFF U-16 2022, beberapa waktu lalu.

Timnas Indonesia U-16 akan tampil sebagai tuan rumah Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022.

Tim asuhan Bima Sakti bersaing dengan Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Arab Emirat (UAE).

Hal membuat Ridho termotivasi untuk membantu Timnas U-16 lolos ke babak utama Piala Asia U-17 tahun depan. Dia juga mendoakan yang terbaik bagi skuad Garuda Asia.

“Semoga di kualifikasi nanti Timnas U-16 bisa diberi kelancaran dan bisa lolos ke Piala Asia 2023 nanti,” ujarnya.

Pada Piala AFF U-16 2022, M. Ridho tampil dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup A. Jebolan Liga Topskor itu bermain lawan Singapura, Myanmar dan Vietnam.

Untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, pelatih Timnas U-16 akan mengumpulkan pemain guna jalani pemusatan latihan bulan ini.

Pemusatan latihan (TC) Timnas U-16 sendiri dijadwalkan akan berlangsung di wilayah Jabodetabek.

Tentu ini jadi kesempatan bagi Muhammad Ridho dipanggil karena Bima Sakti memastikan akan mengumpulkan pemain lama dari skuad Piala AFF U-16 2022.

“Yang pastinya kami akan lakukan pemusatan latihan pada September di Jabodetabek,” tutur Bima Sakti.

“Untuk pemainnya, sementara ini masih pemain yang lama,” imbuhnya.

Bima Sakti telah meminta ke PSSI agar mereka dapat kesempatan berlatih dan uji coba di luar negeri karena lawan yang dihadapi sangat sulit. Tetapi, sejauh ini belum ada kepastian.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan akan berdiskusi lebih dulu dengan Bima Sakti. Tapi, opsi pertama untuk pemusatan latihan Timnas U-16 adalah di dalam negeri.

Terkait rencana TC Timnas U-16 ke luar negeri, pemerintah melalui Menpora telah menyatakan dukungan. Apalagi, skuad asuhan Bima Sakti baru jadi juara di Piala AFF U-16 2022.

PSSI juga telah berkomunikasi dengan Menpora untuk mematangkan keputusan akhir.

“Saya sudah lapor Menpora, biar anak-anak U-16 ini jadi zaman keemasan. Menpora siap kawal dari kesehatan mereka dan dokter gizi, untuk lihat apa masih bisa tinggi dua tahun ke depan,” kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

PSSI juga telah berkomunikasi dengan AFC terkait venue atau stadion untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Opsi yang beredar adalah Jakarta sebagai kota tuan rumah.