Batal Ikut Kejuaraan di Arab Saudi, Timnas U-16 Fokus TC di Jabodetabek

Timnas Indonesia U-16 dikabarkan menerima undangan ikut kejuaraan di Arab Saudi dalam waktu dekat. Namun, tampaknya Garuda Asia urung berpartisipasi.

Pelatih timnas U-16, Bima Sakti, mengaku belum pasti berangkat. Besar kemungkinan Muhammad Iqbal cs. akan fokus menjalani pemusatan latihan (TC) di Tanah Air.

“Soal itu (kejuaraan di Arab Saudi) belum pasti. Yang pasti, kami akan melakukan pemusatan latihan bulan depan. Rencana di Jabodetabek,” kata Bima Sakti, Selasa (23/8/22).

Sementara itu, PSSI melalui direktur teknik, Indra Sjafri mengabarkan bahwa mereka masih berdiskusi dengan tim pelatih mengenai program untuk timnas U-16.

Pasalnya, dalam waktu dekat ada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Para pemain masih diberikan jatah libur setelah menjuarai Piala AFF 2022.

“Program timnas Indonesia U-16 sedang kami diskusikan. Saat ini pemain dikembalikan ke klub mereka masing-masing, di tempat proses pembinaan mereka,” jelasnya.

Pasca-Piala AFF U-16 2022, Garuda Asia sudah ditunggu event berikutnya yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang akan berlangsung di Tanah Air pada 1-9 Oktober mendatang.

Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Mereka harus berjuang keras agar bisa lolos ke putaran final.

Untuk persiapan kualifikasi tersebut, Bima Sakti telah meminta agar mereka dapat kesempatan berlatih dan uji coba di luar negeri sebagai persiapan event itu. Alasannya, lawan yang dihadapi sangat sulit.

Sementara itu, terkait rencana TC ke luar negeri, pemerintah melalui Menpora telah menyatakan dukungan. Apalagi, timnas U-16 akan bersaing di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada Oktober nanti.

Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober mendatang. Tapi, PSSI belum juga menentukan lokasi atau venue pertandingan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan masih berkomunikasi dengan AFC terkait hal tersebut. Opsi yang beredar adalah Jakarta sebagai kota tuan rumah.

“Soal lokasi Kualifikasi Piala Asia U-17 saat ini masih dibicarakan dengan AFC,” kata Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.