Deretan Tim yang Dikaitkan dengan Luis Milla Sebelum Sepakat ke Persib: Ada Persija juga Loh!

Persib Bandung resmi menunjuk Luis Milla sebagai pelatih baru untuk mengarungi BRI Liga 1 2022/2023. Pelatih asal Spanyol ini memang dikenal begitu dekat dengan sepak bola Indonesia setelah sempat memimpin Timnas Indonesia U-22 pada 2017 hingga 2018.

Persib Bandung tidak butuh waktu terlalu lama untuk menunjuk pengganti Robert Alberts yang mundur karena desakan bobotoh lantaran hasil buruk yang diraih Maung Bandung dalam tiga laga pertama BRI Liga 1 2022/2023.

Setelah sempat menunjuk Budiman sebagai caretaker pelatih, kini PT Persib Bandung Bermartabat memastikan merekrut Luis Milla sebagai pelatih yang akan menangani Febri Hariyadi dkk. selama sisa musim ini.

Dalam pengumuman yang dilakukan Persib di media sosial, tidak disertakan berapa lama pelatih asal Spanyol ini dikontrak untuk menangani Maung Bandung. Namun, pengumumannya sebagai pelatih cukup menggembirakan bagi bobotoh pendukung Persib.

Menariknya, Persib Bandung menjadi tim pertama yang ditangani Luis Milla sejak berhenti memimpin Timnas Indonesia pada 2018. Pelatih asal Spanyol yang punya pengalaman membawa Timnas Spanyol U-21 menjuarai Euro U-21 2011 itu memilih beristirahat hingga akhirnya tawaran dari Persib disetujuinya.

Padahal sejumlah tim, termasuk yang datang dari Indonesia, sempat diisukan bakal memboyong Luis Milla untuk menjadi pelatih dalam empat tahun terakhir.

Sempat Jadi Calon Pelatih Timnas Indonesia Lagi

Setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh PSSI pada 2018, Luis Milla memilih pulang ke kampung halamannya di Spanyol. Saat itu, PSSI masih menghitung-hitung untung dan rugi memiliki Luis Milla yang terakhir membawa Timnas Indonesia U-23 melangkah hingga 16 besar sepak bola Asian Games 2018.

Namun, pada akhirnya PSSI menunjuk Simon McMenemy untuk menggantikan posisi Luis Milla. Sayangnya, McMenemy gagal memberikan hasil yang sesuai harapan masyarakat Indonesia sehingga pada akhir 2019 pun pelatih asal Skotlandia itu dicopot.

Luis Milla kembali menjadi calon pelatih Timnas Indonesia saat itu. Bahkan disela-sela keikutsertaan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019 di Manila, Luis Milla bertemu dengan PSSI dan melakukan pembicaraan.

Sayangnya, pembicaraan tidak menemukan titik temu dan Luis Milla batal menangani Timnas Indonesia lagi hingga akhirnya PSSI menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Borneo FC

Pada Agustus 2020, ketika kompetisi tengah berhenti lantaran pandemi COVID-19, Borneo FC yang baru memecat Edson Tavares melemparkan wacana untuk merekrut Luis Milla sebagai pelatih tim berjulukan Pesut Etam itu.

Hal tersebut dimulai dari kode yang diberikan Presiden Borneo FC, Nabil Husein, di Twitter. Selain itu, tweet Nabil pun di-retweet oleh akun Twitter resmi Borneo FC yang juga mengunggah tangkapan layar obrolan Nabil dengan pelatih asal Spanyol itu.

Namun, ketika Bola.com mencoba mengonfirmasi pada saat itu, Nabil hanya menjawab singkat, “Nanti saja kita bahas ini.”

Sayangnya, hingga akhirnya kompetisi sepak bola Indonesia kembali bergulir pada pertengahan 2021, wacana Luis Milla menjadi pelatih Borneo FC tidak berlanjut.

Persija Jakarta

Pada Mei 2021, Persija Jakarta sempat diisukan bakal merekrut Luis Milla sebagai pelatih anyar yang bakal membimbing Macan Kemayoran di BRI Liga 1 2021/2022. Kala itu ada dua nama yang cukup santer dikaitkan dengan Persija, yaitu Luis Milla dan Alexandre Gama.

Bahkan isu tersebut sempat membuat kelompok suporter Persija, The Jakmania, merasa senang. Kehadiran mantan pelatih Timnas Indonesia yang memberikan perubahan terhadap permainan Tim Garuda tentu membuat nama pelatih asal Spanyol itu sudah terbukti kualitasnya.

Namun, saat itu pihak manajemen Persija memilih bungkam. Presiden klub Mohamad Prapanca saat itu masih belum mau bicara banyak mengenai isu Luis Milla dan Alexandre Gama. Sementara itu Direktur Utama Persija, Ferry Paulus, langsung memberikan bantahan dengan nada guyon.

Hingga akhirnya Luis Milla batal ke Persija setelah Macan Kemayoran mendatangkan pelatih asal Italia, Angelo Alessio, untuk membimbing Andritany Ardhiyasa dkk.

Timnas Singapura

Setelah itu, kabar mengejutkan dari Luis Milla datang pada awal 2022. Pelatih asal Spanyol itu disebut-sebut menjadi kandidat pelatih Timnas Singapura.

Menurut laporan The Strait Times kala itu, Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) tengah mempertimbangkan Luis Milla untuk bisa menjadi pelatih The Lions.

Luis Milla menjadi kandidat pelatih Timnas Singapura setelah kepergian Tatsuma Yoshida. Namun, pada akhirnya rumor tersebut tak lagi bertiup hingga akhirnya Luis Milla kini bergabung bersama Persib Bandung. (bola.com)