Persib Bandung Rayakan HUT RI ke-77 di Dalam Kereta Api

Persib Bandung tetap merayakan Hari Ulang Tahun RI ke-77 meski dalam perjalanan, Rabu (17/8/2022). Pemain, staf, dan ofisial tim melalukan upacara sederhana.

Pangeran Biru tengah berada di kereta api untuk menuju Yogyakarta pada Rabu pagi. Mereka bakal menghadapi PSS Sleman pada lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (19/8/2022).

Tepat pukul 10.45 WIB, semua penumpang diminta untuk berdiri. Sebelum menyanyikan lagu Indonesia Raya, rombongan mengheningkan cipta dengan iringan lagu Gugur Bunga. Setelah itu, ada pembacaan teks proklamasi dengan suara Proklamator Soekarno.

Baru kemudian seisi gerbong menyanyikan Indonesia Raya. Dengan mengenakan ikat kepala berwarna merah putih, seluruh anggota tim Persib menyanyikan lagu kebangsaan.

Perayaan puncak HUT RI ke-77 berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta. memakai baju adat Dolomani dari Buton Sulawesi Tenggara, Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara.

Perayaan berlangsung secara terbuka dengan mengundang 2.000 masyarakat. Sejumlah menteri hingga mantan presiden dan wakil presiden juga hadir.

Dalam upacara ini, Ketua DPD RI La Nyalla Matalitti bertugas membaca Naskah Proklamasi. Sedangkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertugas membaca doa.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Pancasila Tangguh bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih.

Persib membawa 22 pemain untuk menghadapi PSS. Pangeran Biru masih belum bisa tampil dengan kekuatan penuh.

Tidak ada nama Henhen Herdiana, Beckham Putra Nugraha, dan Victor Igbonefo dalam daftar skuat. Ketiganya masih menjalani pemulihan cedera dan sudah absen beberapa laga terakhir. Pemain lain yang tak diboyong ke Sleman adalah Teja Paku Alam, Frets Listanto Butuan, Ferdiansyah, Arsan Makarim, dan Ridwan Ansori.