Makna dan Inspirasi Emblem Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

FIFA mengungkapkan makna dari logo resmi Piala Dunia U-20 2023, yang baru diluncurkan, Rabu (17/8/2022). Inspirasinya dari kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Peluncuran ini terasa spesial karena berbarengan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Momen ini sekaligus menandai turnamen akbar tinggal menunggu waktu saja.

Logo berbentuk trofi itu terdiri dari beraneka warna cerah. Diungkapkan FIFA, logo baru terinspirasi oleh warna bendera nasional Indonesia, laut biru yang mempesona, dan keindahan alam yang ada di semua kepulauannya.

Sementara mahkota disematkan untuk mewakili hasrat global untuk permainan sepakbola di berbagai benua. FIFA berharap logo ini bisa mewakili sekaligus memberikan gambaran terkait kemeriahan yang bisa tercipta di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Asia Tenggara dinilai punya hasrat besar terhadap sepakbola. Apalagi akan digelar di Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan banyak penggemar permainan olah kaki si kulit bundar.

“Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia, dan peluncuran lambang resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza dalam keterangannya.

“Selain itu menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepakbola Indonesia kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di tanah air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia di tahun-tahun mendatang,” ujarnya menambahkan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ikut menyambut peluncuran logo baru dan semarak Piala Dunia U-20. Diharapkannya Piala Dunia U-20 bisa menjadi cikal bakal kemajuan sepakbola dalam negeri.

“Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepakbola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia,” kata Iriawan.

“Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepakbola”

Awalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia akan digelar pada 2021, namun ditunda ke 2023 lantaran situasi pandemi COVID-19. Dalam jadwal terkini, Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Ada enam venue yang disiapkan yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Kab. Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Surakarta) dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Sejauh ini baru ada 10 tim dari total 24 tim yang sudah memastikan akan tampil di Piala Dunia U-20. Mereka adalah tuan rumah Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia.