Sambut Timnas Indonesia U-16 di Istana Merdeka, Jokowi Beri Pesan Penting dan Janjikan Tempat Training Camp

Presiden Joko Widodo secara resmi mengundang Timnas Indonesia U-16 ke Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). Undangan ini merupakan bagian dari acara HUT ke-77 Republik Indonesia.

Skuad Timnas Indonesia U-16 terlihat menggunakan busana kasual berupa training berwarna merah. Pasukan Bima Sakti antusias mengikuti rangkaian kegiatan di Istana Negara.

Seperti diketahui, Timnas U-16 baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022. Presiden Jokowi secara khusus memberikan ucapan selamat sekaligus mengapresiasi pencapaian dari Timnas Indonesia U-16.

”Selamat, ya. Kemarin saya lihat mainnya bagus sekali. Harus dijaga performanya, jangan sampai menurun. Biasanya ke U-23 menurun, harus konsisten,” kata Jokowi dalam keterangan resminya.

Presiden Joko Widodo juga mengucap janji akan mencarikan tempat training camp terbaik untuk pengembangan Timnas Indonesia U-16. Seperti diketahui, proyek tersebut akan dibangun di IKN.

”Nanti, kami akan mencarikan training camp yang baik,” ucap Jokowi.

Pemerintah memang berencana untuk membangun pusat pelatihan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). Kantor PSSI dan kandang Timnas Indonesia pun turut pindah ke sana.

Sementara itu, pelatih Bima Sakti mengaku sudah memperlihatkan trofi Piala AFF U-16 2022 kepada Presiden Jokowi. Menurut Bima Sakti, gelar ini merupakan kado untuk Kemerdekaan Republik Indonesia.

”Tadi kami sudah perlihatkan piala ke Bapak Presiden. Ini sebagai kado untuk Bangsa Indonesia yang hari ini merayakan kemerdekaan,” tegas Bima Sakti.

Timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Gelar ini menjadi yang kedua setelah 2018.

Sebelum bertemu Presiden Jokowi, Timnas Indonesia U-16 lebih dulu mengikuti upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022). Tak hanya skuad Timnas U-16, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga turut dalam kegiatan tersebut.

Sebanyak 28 pemain plus lima tim kepelatihan dengan khidmat mengikuti upacara bendera di Istana Merdeka. Pengalaman ini tentu saja langka dan menjadi yang pertama bagi mereka.

“Ini suatu kebanggaan bagi pemain dan tentu PSSI yang diundang ke Istana Negara untuk mengikuti upacara bendera,” ujar Iriawan

Timnas Indonesia U-16 baru akan dibubarkan dan dikembalikan ke klub masing-masing pada 18 Agustus 2022 alias sehari setelah upacara bendera di Hari Kemerdekaan.

“Skuad Indonesia U-16 tiba di Jakarta untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan termasuk pemberian bonus dari berbagai pihak,” tulis PSSI dalam situsnya.

“Timnas Indonesia U-16 akan dibubarkan pada 18 Agustus 2022 sebelum akhirnya dikumpulkan lagi untuk pemusatan latihan jelang turnamen berikutnya,” kata PSSI.