Thomas Doll Bicara Proyek Jangka Panjang Tim dan Kaitan dengan Pemain Asing Persija

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengungkapkan bahwa ia memiliki proyek jangka panjang ketika ditunjuk menjadi pelatih kepala timnya kini.

Sekarang, setelah melakoni empat pertandingan di Liga 1 2022-2023, tim berjuluk Macan Kemayoran itu belum juga meraih hasil positif yang diharapkan.

Persija baru meraih satu kemenangan. Sisanya dua hasil imbang, satu kekalahan, dan 10 poin menempatkan mereka di peringkat ke-10 klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Pencapaian Persija di awal musim ini juga dipengaruhi oleh beberapa kendala. Salah satunya, mereka tak pernah tampil dengan kekuatan terbaiknya.

Beberapa pemain mengalami cedera dan ada juga yang terserang demam jelang laga lawan PSM Makassar. Kini, mereka sudah pulih dan skuad Persija semakin komplet.

Thomas Doll pun optimistis bahwa tim asuhannya akan bisa menerapkan skema permainan yang diinginkannya dalam waktu dekat.

Yakni bermain dengan bola-bola pendek dan mendominasi penguasaan bola. Skema yang dinilai sudah mulai terlihat dalam permainan Persija di awal musim ini.

Pemain Persija Jakarta, Abdulla Yusuf Helal dan Hanno Behrens (jersey putih) berusaha untuk melepaskan diri dari pengawalan pemain PSM Makassar, pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 2022-2023, di Stadion BJ Habibie, 5 Agustus 2022.

Pemain Persija Jakarta, Abdulla Yusuf Helal dan Hanno Behrens (jersey putih) berusaha untuk melepaskan diri dari pengawalan pemain PSM Makassar, pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 2022-2023, di Stadion BJ Habibie, 5 Agustus 2022. Dok. Media Persija Jakarta

“Saya ingin perubahan dalam tim ini,” kata Thomas Doll, dikutip dari situs resmi Persija.

“Seperti yang kita tahu musim lalu Persija terlalu banyak memakai longball dan jarak antara pemain lini bertahan saling berjauhan.”

“Saya ingin membuat gaya yang berbeda di musim ini. Semua akan berjalan baik kalau tim bisa menguasai bola,” ia menambahkan.

Adapun keinginan pelatih asal Jerman itu dalam mengubah gaya permainan Persija coba diwujudkan dengan merekrut pemain-pemain asing berkualitas.

Empat pemain asing anyar untuk Liga 1 2022-2023 merupakan pemain-pemain yang pernah merasakan kompetisi di Eropa.

Bahkan, tiga di antaranya pernah tampil untuk timnasnya masing-masing. Perekrutan ini juga bertujuan untuk menambah kekuatan Persija ke depannya.

“Dalam rencana jangka panjang, saya ingin membangun tim yang kuat dengan melakukan langkah demi langkah,” ujar Thomas Doll.

“Itulah mengapa saya merekrut pemain asing yang mempunyai motivasi tinggi, walaupun tentu saja masih banyak hal yang perlu diperbaiki di tim ini. Tapi menurut saya ini adalah proyek yang menjanjikan,” ia memungkasi (skor.id)