PSSI Gelar Penyegaran Perangkat Pertandingan Liga 1 2022-2023

PSSI melalui Komite Wasit menggelar penyegaran untuk Penilai Wasit yang akan bertugas di Liga 1 2022-2023 pada 8-11 Agustus 2022.

Berlangsung di Hotel UNY, Yogyakarta, gelaran ini juga mendatangkan instruktur dari AFC yaitu Mohammad Rodzali dari Malaysia.

Selain penyegaran untuk penilai wasit, juga diselenggarakan diskusi dan pengamatan langsung laga semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022).

PSSI berharap, penilai wasit yang dipilih ikut penyegaran bisa menunjukkan kompetensinya dalam kompetisi.

“Kami sampaikan, penyegaran penilai wasit PSSI kali ini diikuti total 48 peserta,” ujar Head of Referee PSSI, Andesit Lestyanto.

“Selama acara digelar, mereka menjalani penyegaran peraturan pertandingan sesuai Law of The Game FIFA.”

“Setelah itu dilanjutkan dengan tes dan pendalaman materi, serta akan diadakan pengamatan langsung pada pertandingan semifinal AFF U16 di stadion,” ia menjelaskan.

Selain itu Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku akan selalu mengawasi kinerja dan performa para perangkat pertandingan, termasuk penilai wasit Liga 1 musim ini melalui siaran langsung di televisi.

“PSSI akan selalu awasi langsung dari televisi, media sosial, dan memberikan catatan-catatan untuk kejadaian penting pada tiap pertandingan,” ucap Yunus Nusi.

“Jika ditemukan ada kejanggalan atau kesalahan dalam pengambilan keputusan sepanjang laga, saya pastikan Komite Wasit akan langsung menindak tegas,” ia menjelaskan.

PSSI berharap sepak bola Tanah Air terus berjalan dengan berlandaskan keadilan dan berupaya menjauhkan dari segala kecurangan dalam pertadingan.

Masih dalam pernyataan Yunus Nusi, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpesan, kesalahan mendasar dalam pengambilan keputusan jangan sampai terulang, karena akan ditindak tegas bila terbukti adanya kecurangan.

“Wasitnya bisa saja diistirahatkan selama 1 bulan atau diberikan hukuman lain, tergantung tingkat kesalahannya,” kata Yunus Nusi.

Adapun program penyegaran perangkat pertandingan selalu dilakukan PSSI jelang bergulirnya kompetisi Liga 1, 2, 3 dan kompetisi amatir.

Sementara itu untuk Liga 2, Komite Wasit juga akan segera menggelar penyegaran perangkat pertandingan dalam waktu dekat. (Skor.id)