Seto Nurdiantoro Ungkap Upaya PSS Sleman Bantu Saddam Gaffar Bangkit Lagi

Klub Liga 1, PSS Sleman ingin Saddam Emiruddin Gaffar bangkit lagi setelah melakukan operasi cedera lutut pada Januari 2022 lalu. Proses paling penting adalah menghilangkan trauma.

Proses penyembuhan cedera Saddam sempat berjalan lama. Ia terakhir kali merumput pada 22 Oktober 2021 lalu dalam pertandingan Liga 1 melawan Persib Bandung.

Setelah itu, Saddam mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament). Penanganannya disebut-sebut kurang bagus hingga prosesnya berjalan lambat.

Saddam pun pada akhirnya menjalani operasi ACL pada bulan Januari 2022 lalu di Rumah Sakit (RS) Premier, Bintaro, Tangerang.

Setelah operasi dilakukan, Saddam melakukan sederet program penguatan lutut, baik di Jakarta maupun di Sleman.

Saddam pun kini sudah gabung dalam latihan bersama Riki Dwi Saputro dkk. Ia melakukan latihan terpisah di sisi lapangan sejak Piala Presiden 2022 lalu.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro, ikut senang ketika Saddam sudah kembali dari proses penyembuhan cedera.

“Hampir semua pemain yang mengalami cedera butuh proses, butuh waktu,” kata Seto, Rabu (10/08/22).

Seto mengatakan awak tim, terutama para pemain, ikut membantu proses kembalinya Saddam.

Selain jebolan Timnas Indonesia U-19 itu, ada pula Kim Jeffrey Kurniawan dan Ibrahim Sanjaya yang sempat mengalami cedera panjang seperti Saddam.

“Teman-teman para pemain lain turut mendukung agar Saddam bisa kembali lagi. Jadi, kita selalu libatkan dalam latihan, tapi tetap dalam pengawasan tim medis,” tutur Seto.

Saddam sudah kembali dalam jalur yang bagus. Progres ini juga ditunjukkan Bagus Nirwanto, Kim Kurniawan dan Ibrahim Sanjaya.

Dari tiga nama itu, Kim dan Ibrahim sudah istirahat lama. Kim mengalami cedera bahu pada kompetisi lalu.

Sementara Ibrahim Sanjaya belum pernah tampil dalam laga resmi. Ia mengalami cedera patah tulang selangka saat proses persiapan.

“Harapannya pada semua, trauma cedera bisa kita atasi dan semakin menemukan performa terbaik,” papar Seto.

PSS Sleman juga terus memantau kondisi Riki Dwi Saputro dan Syaiful Ramadhan jelang laga melawan Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/08/22).

Riki Dwi dan Syaiful mendapat perawatan saat laga melawan Arema FC, Jumat (05/08/22) lalu. Keduanya masih menjalani latihan terpisah karena kondisinya masih belum bagus.

“Syaiful masih ada nyeri dan bengkak pada lutut kiri karena benturan. Riki ada bengkak pada punggung kaki sebelah kanan, juga karena ada benturan,” kata fisioterapis PSS Sleman, Alifano Dwi Cahyo, Selasa (09/08/22).

Kondisi tak bagus bukan saja dialami Riki Dwi dan Syaiful saja. Ternyata, Try Hamdani Goentara yang tampil bagus lawan Arema FC juga mengalami masalah.

“Ada masalah pada bahu kiri karena saat latihan salah tumpuan,” tutur Alifano.