Juara Piala AFF U-16 2022, Indonesia Tertajam & Paling Susah Ditembus

Timnas Indonesia U-16 melengkapi catatan impresifnya dengan gelar juara Piala AFF. Garuda Asia membuktikan sebaik-baiknya bahwa mereka layak jadi yang terbaik.

Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam WIB. Gol penentu kemenangan itu dicetak oleh Kafiatur Rizky jelang turun minum.

Dalam laga tersebut, timnas U-16 tampil apik dan rapi termasuk saat menghadapi tekanan Vietnam di penghujung pertandingan. Skuad besutan Bima Sakti ini mengontrol laga dengan baik untuk menjaga keunggulan sampai peluit panjang.

Gelar juara layak disebut sebagai akhir yang sepantasnya didapatkan timnas U-16. Bagaimana tidak, performa mereka terjaga sejak fase grup hingga membuktikan diri sebagai tim paling tajam dan sulit ditembus!

Setelah tampil ganas di fase grup dengan menyapu bersih tiga laga dan mencetak 13 gol, Indonesia menang adu penalti atas Myanmar yang alot di semifinal. Myanmar sempat menahan 1-1 sebelum takluk di babak tos-tosan.

Kemenangan tipis atas Vietnam di final memastikan Timnas U-16 menutup turnamen dengan total 15 gol dan hanya kebobolan dua kali! Hanya Vietnam (fase grup) dan Myanmar yang mampu menjebol gawang Indonesia.

Vietnam dan Thailand menempati urutan berikutnya dalam urusan gol-kebobolan. Keduanya sama-sama mencetak 13 gol dan kemasukan empat kali, dengan Thailand menambah tiga gol pada laga perebutan tempat ketiga kontra Myanmar, Jumat (12/8) sore WIB.

Laos dan Timor Leste berturut-turut berada di urutan keempat dan kelima. Kedua negara ini sama-sama mencatatkan 12 gol, seluruhnya dibuat di fase grup, dengan Laos kebobolan dua kali dan Timor Leste lima kali.

Nabil Asyura menjadi pencetak gol terbanyak untuk timnas Indonesia U-16 dengan empat gol. Sementara Kafiatur Rizky, yang memastikan Indonesia juara, berada di urutan kedua dengan tiga gol di daftar top skor Piala AFF U-16 2022.