PSSI Beri Sanksi 13 Perangkat Pertandingan Liga 1 2022-2023, Hukuman Terberat Capai 3 Bulan

PSSI memutuskan untuk memberikan sanksi kepada 13 perangkat pertandingan. Hal ini buntut dari hasil evaluasi yang dilakukan Komite Wasit PSSI terhadap performa wasit dalam memimpin pertandingan.

13 perangkat pertandingan yang dimaksud terdiri dari 5 wasit, 3 asisten wasit, dan 4 asisten wasit tambahan. Meski demikian, PSSI tak merilis nama-nama perangkat pertandingan yang dihukum.

Berdasarkan hasil evaluasi PSSI, 13 wasit yang dinilai kurang bagus akan diistirahatkan dalam 2-3 bulan. Mereka tak bisa memimpin pertandingan dalam kurun waktu tersebut.

Menurut Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh, sanksi harus diberikan agar para perangkat pertandingan bisa instropeksi diri dan kompeten ketika kembali diizinkan memimpin laga di Liga 1 2022-2023.

Secara umum, Ahmad Riyadh berharap seluruh perangkat pertandingan yang ada di Indonesia bisa menjalankan tugas dengan baik dan meminimalisasi kesalahan dalam mengambil keputusan ketika di lapangan.

“PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di Liga 1, 2, dan 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin,” kata Ahmad Riyadh, dikutip dari laman PSSI.

Sebelumnya, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengaku kesal dengan kepemimpinan dan kinerja wasit Iwan Sukoco dalam pertandingan timnya melawan Persija.

Dalam laga ini, Bernardo Tavares menyayangkan wasit Iwan Sukoco yang pelit kartu terhadap para pemain Persija. Padahal, menurutnya pelanggaran beberapa pemain Persija layak dikartu.

Pelatih asal Portugal itu juga mengeluhkan bahwa kondisi sebaliknya justru berlaku, ketika pemain PSM yang melanggar, Iwan Sukoco langsung memberikan kartu kuning.

Dalam laga tersebut, PSM menerima empat kartu kuning yang diberikan kepada Agung Mannan, Yuran Fernandes, Akbar Tanjung, dan Rasyid Bakri.

Sedangkan Persija hanya dapat satu kartu kuning yang dikeluarkan oleh sang pengadil lapangan ke Abdulla Yusuf Helal.

“Kalian bisa lihat berapa banyak pelanggaran mereka (Persija) dan berapa kartu kuning diberikan kepada kami,” ujar Tavares kepada awak media seusai laga (5/8/2022).

“Saya sangat kecewa dan kesal dengan performa wasit. Wasit melakukan lelucon di dalam pertandingan,” ucapnya. (Skor.id)