Melaju ke Final Piala AFF U-16 2022, Pelatih Vietnam Singgung Suporter Indonesia

Vietnam U-16 lolos ke final Piala AFF U-16 2022. Setelah keberhasilan tersebut, sang pelatih Nguyen Quoc Tuan menyinggung tekanan suporter dari tim tuan rumah Indonesia.

Vietnam U-16 berhasil menang atas Thailand U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022 pada Rabu (10/8/2022). Kapten tim Nguyen Cong Phuong menyumbangkan satu gol yang kemudian digandakan oleh Nguyen Trong Tuan dan laga berakhir dengan skor 2-0.

Setelah kemenangan ini, pelatih Nguyen Quoc Tuan menyinggung tekanan dari suporter Indonesia di Stadion Maguwoharjo. Menurutnya, ia mendapapatkan pelajaran berharga saat menghadapi ribuan pendukung skuad Garuda Asia.

“Kami punya banyak peluang di laga itu. Tapi saat melawan Indonesia ada banyak tekanan dari suporter untuk kami. Jadi itu membuat pemain kami kehilangan fokus, kebobolan dua gol cepat di awal babak kedua,” ucap Nguyen Quoc Tuan dalam konferensi pers.

Sebelumnya Vietnam U-16 memang kalah dari timnas Indonesia U-16. Anak asuh Bima Sakti berhasil menang 2-1 pada laga terakhir fase Grup A Piala AFF U-16 2022.

Berkat hasil tersebut, timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 dengan status juara grup A. Sedangkan Vietnam U-16 sendiri akhirnya berhasil lolos sebagai runner up terbaik.

Saat ini, timnas Indonesia U-16 berjuang di laga semifinal menghadapi Myanmar U-16 di Stadion Maguwoharjo. Pemenang dari laga ini sudah ditunggu Vietnam U-16 di babak final nantinya.

Di sisi lain, pelatih Vietnam U-16 menyebut ia akan siap menghadapi siapapun di final nanti. Menurutnya baik timnas Indonesia U-16 atau Myanmar U-16 punya peluang yang sama untuk melaju ke final.

“Kami masih belum memikirkan lawan di final, entah itu Indonesia atau Myanmar kami akan melakukan persiapan sama. Dalam segi taktik, mentalitas, fisik, semuanya untuk final. Myanmar dan Indonesia punya peluang yang seimbang untuk lolos ke final,” pungkas Nguyen Quoc Tuan.