Hasil Persik vs Borneo FC: Matheus Pato Bawa Pesut Etam Comeback atas Macan Putih

Borneo FC membuka pekan keempat Liga 1 2022-2023 dengan kemenangan atas Persik Kediri, Jumat (12/8/2022) sore.

Tandang ke Stadion Brawijaya, kediri, tim berjuluk Pesut Etam itu sejatinya sempat tertinggal lebih dulu karena gol Yusuf Meilana (64′).

Namun, mereka akhirnya bisa comeback atas Macan Putih, julukan Persik, karena dua gol dari Matheus Pato (66′ dan 77′).

Hasil ini membuat Borneo FC naik ke peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan raihan 9 poin dari empat laga.

Sementara bagi Persik, kekalahan belum bisa mengangkat posisi mereka dari zona degradasi, yakni pada peringkat ke-16.

Jalannya Pertandingan

Borneo FC yang berstatus sebagai tim tamu justru tampil tenang dan percaya diri di hadapan suporter Persik. Mereka bisa lebih mendominasi penguasaan bola.

Pesut Etam cukup sabar membangun serangan, sementara Persik lebih banyak mengandalkan kecepatan para pemainnya untuk melancarkan serangan balik.

Matheus Pato, Stefano Lilipaly, dan Javlon Guseynov tercatat memiliki peluang untuk membobol gawang tim tuan rumah, namun masih gagal.

Macan Putih juga memiliki peluang cukup bagus melalui pemain asing Joanderson, setelah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Borneo FC, Dwi Kuswanto.

Namun sepakan striker asal Brasil itu masih melebar. Buntut dari peluang ini, Dwi Kuswanto dianggap wasit melanggar dan mendapat kartu kuning.

Situasi set piece yang didapatkan pun gagal dimanfaatkan untuk mencetak gol. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persik melakukan tiga pergantian pemain dalam 15 menit awal. Tapi ancaman lebih dulu lahir dari lawannya.

Yakni melalui tendangan bebas Stefano Lilipaly pada menit ke-57, yang sudah mengarah tepat ke sasaran.

Bola sempat memantul di hadapan kiper Persik, Dikri Yusron. Namun masih sigap mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Di saat banyak menyerang, Borneo FC justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-64. Sebuah serangan Persik dari sisi kanan gagal diantisipasi lini pertahanan.

Agil Munawar tanpa tekanan dari pemain Borneo FC mengirimkan umpan manis untuk Yusuf Meilana yang berdiri bebas di dalam kotak penalti.

Tanpa kontrol, umpan lambung Agil Munawar dieksekusi Yusuf Meilana dengan kaki kirinya. Bola sempat membentur tiang gawang sebelum menjadi gol.

Namun, kedudukan berimbang dengan cepat. Di saat para pemain Persik masih dalam suasana gembira, Borneo FC berhasil mencetak gol penyeimbang.

Situasi tendangan bebas gagal dihalau Dikri Yusron dengan sempurna. Bola yang ditinjunya justru mengarah kepada Matheus Pato yang berdiri bebas.

Striker asal Brasil itu itu langsung melepaskan tendangan mendatar untuk menggetarkan gawang Macan Putih pada menit ke-66.

Mala petaka bagi Persik hadir pada menit ke-77. Pelanggaran kepada Matheus Pato menghasilkan tendangan bebas bagi Borneo FC.

Ia pun maju sebagai eksekutor dan sukses meluncurkan bola dengan keras dan tak bisa dibendung kiper sehingga keunggulan berbaik untuk Pesut Etam.

Berbalik tertinggal membuat Persik meningkatkan tekanan. Peluang tendangan bebas dimiliki, tapi Pahabol belum bisa memaksimalkannya.

Sementara itu serangan balik Pesut Etam kerap mengancam, namun hingga peluit panjang dibunyikan tak ada lagi gol dan laga berakhir 2-1.

Susunan Pemain Utama:

Persik Kediri (4-2-3-1): Dikri Yusron; Agil Munawar, M Fisabillah, Rohit Chand, Yusuf Meilana; M Taufiq, Arthur Irawan; Riyatno Abiyoso, Renan Silva, Rahel Radiansyah; Joanderson;
Asisten Pelatih: Jan Saragih

Borneo FC (4-3-3): Dwi Kuswanto; Fajar Fathurrahman, Javlon Guseynov, Wildansyah, Diego Michiels; Hendro Siswanto, Kei Hirose, Jonathan Bustos; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri;
Pelatih: Milomir Seslija (Skor.id)