Final Piala AFF U-16 2022: Jika Kalah Lagi dari Timnas Indonesia U-16, Pelatih Vietnam Salahkan Wasit Lagi?

JIKA kalah lagi dari Timnas Indonesia U-16, pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, lagi-lagi menyalahkan wasit? Sekadar diketahui, Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam akan bertemu di final Piala AFF U-16 2022 yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat 12 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB.

Ini merupakan pertemuan kedua bagi Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam di Piala AFF U-16 2022. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam bertemu di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 pada Sabtu, 6 Agustus 2022 malam WIB.

Setelah melewati laga yang sengit, Timnas Indonesia U-16 menang 2-1 atas Vietnam. Sempat tertinggal lebih dulu lewat sepakan penalti Nguyen Cong Phuong pada menit 41, Timnas Indonesia U-16 membalikkan kedudukan lewat gol-gol dari Arkhan Kaka di menit 51 dan Nabil Asyura (55’).

Kelar pertandingan, pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan mengkritik kinerja wasit asal Thailand yang memimpin pertandingan, Warinton Sassadee. Nguyen Quoc Tuan menilai sejumlah keputusan wasit telah merugikan timnya.

“Pertama-tama kami mengucapkan selamat kepada tim Indonesia atas kemenangan hari ini. Dan untuk tim kami, kami berjuang, kami bersaing, kami memainkan permainan ini di bawah banyak tekanan dari para penonton dan juga dari wasit,” kata Nguyen Quoc Tuan dalam konferensi pers pascalaga.

“Keputusan wasit hari ini tidak baik. Wasit telah membuat keputusan yang buruk dan kami memiliki banyak kerugian dari keputusan mereka. Kami mencetak gol di babak kedua, namun wasit menganulirnya. Jadi kami banyak dirugikan dalam pertandingan ini,” imbuh Nguyen Quoc Tuan.

Hanya saja, ucapan Nguyen Quoc Tuan di atas berbanding terbalik dengan fakta di lapangan. Vietnam justru diuntungkan sejumlah keputusan wasit, salah satunya saat diberi hadiah penalti di ujung babak pertama.

Penalti didapat Vietnam setelah sang winger kiri, Le Dinh Long Vu, dinilai wasit yang memimpin pertandingan, Warinton Sassadee, telah dilanggar fullback kanan Timnas Indonesia U-16, Rizdjar Subagja.

Padahal dalam siaran ulang terlihat jelas, Le Dinh Long Vu sengaja menjatuhkan badan saat masuk ke area kotak penalti Timnas Indonesia U-16. Rizdjar Subagja sama sekali tidak menyentuh Le Dinh Long Vu.

Karena itu, menarik menanti akankah Nguyen Qouc Tuan berjiwa ksatria dan tidak menyalahkan siapa pun jika Vietnam menelan kekalahan untuk kedua kalinya dari Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022?