Aji Santoso Melarang Pemain Persebaya Takut pada Madura United

Persebaya Surabaya sedang melakukan persiapan untuk melakoni pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023. Mereka dijadwalkan menjamu Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Persebaya Surabaya baru mengemas tiga angka dari tiga laga, hasil satu menang dan dua kalah. Mereka menang 2-0 atas Persita Tangerang, tapi dua laga lain berakhir kekalahan dengan skor identik 0-1 masing-masing kontra Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

Makanya, tim asal Kota Pahlawan tersebut kini berupaya menundukkan Madura United demi memetik kemenangan lagi. Duel ini akan berlangsung panas karena kedua tim terlibat rivalitas dalam tajuk Derbi Suramadu.

“Kami sempat latihan ringan, dan sekarang sudah mulai fokus pada taktik. Intensitas kami sudah meningkat. Ini akan terus kami lakukan sampai official training nanti,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Tantangan yang dihadapi Persebaya tentu tidak mudah. Sebab, Madura United kini sedang perkasa dengan menduduki puncak klasemen dan selalu menang di tiga laga.

Madura United juga tim yang paling produktif dengan telah membukukan 12 gol dan hanya kebobolan sekali.

Yang paling mencengangkan adalah keberhasilan Laskar Sape Kerap menang 8-0 atas Barito Putera di pekan pertama. Madura United juga sempat mempermalukan Persib Bandung dengan skor 3-1 di hadapan bobotoh Persib.

Aji Santoso tentu tidak akan meremehkan kekuatan Madura United. Namun, dia tidak ingin para pemain Persebaya juga takut menghadapi klub tetangga tersebut.

“Madura tim bagus, mereka punya pemain berkualitas juga. Tapi kita tidak boleh takut duluan. Saya selalu katakan ke pemain, tidak ada tim yang tidak bisa dikalahkan. Madura memang trennya bagus, tapi itu justru jadi motivasi untuk mengalahkan lawan,” imbuhnya.

Guna melawan agresivitas Laskar Sape Kerap, julukan Madura United, Aji banyak memberikan menu mini game. Beberapa kali Aji berteriak untuk memberikan contoh strategi permainan yang diinginkannya di latihan.

Kabar baiknya, kekuatan Persebaya bakal bertambah dengan kehadiran dua pemain yang sebelumnya mengalami cedera, yakni Alwi Slamat dan Leo Lelis. Dua nama ini dipastikan tampil di Derbi Suramadu.

Di sisi lain, catatan head-to-head sebenarnya menunjukkan Persebaya sebenarnya jauh lebih superior dibanding Madura United dalam 13 pertemuan di semua ajang sejak 2018.

Bajul Ijo mampu memenangi sembilan di antaranya, berbanding Laskar Sape Kerap yang hanya menang sekali dan itu terjadi pada 2019 alias tiga tahun silam.