Pelatih Vietnam Akui Pemain Kena Mental oleh Banyaknya Suporter Timnas Indonesia U-16

Vietnam kembali akan menghadapi Timnas Indonesia U-16 pada laga final Piala AFF U-16 2022. Pelatih Nguyen Quoc Tuan mengaku akan membenahi mental pemainnya untuk laga tersebut.

Penilaian itu menjadi bahan evaluasi Nguyen Quoc Tuan untuk laga final Piala AFF U-16 2022. Nguyen Quoc Tuan mengakui, pada pertemuan sebelumnya di babak penyisihan Grup A para pemainnya kena mental dengan banyaknya suporter Timnas Indonesia U-16.

“Soal kekalahan melawan Timnas Indonesia U-16, para pemain muda mendapatkan tekanan besar dari penonton. Pada awal babak pertama, Vietnam U-16 juga bermain kurang konsentrasi sehingga kebobolan dua gol cepat,” kata Nguyen Quoc Tuan seperti dikutip The Thao 247.

Pada pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. Gol kemenangan Timnas U-16 dicetak oleh Arkhan Kaka (51′) dan Nabil Asyura (55′), sedangkan gol Vietnam dibukukan oleh tendangan penalti Nguyen Cong Phuong (41′).

Vietnam melaju ke final setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-0. Gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Nguyen Cong Phuong (30′) dan Nguyen Trong Tuan (83′).

Pelatih Nguyen Quoc Tuan puas dengan kemenangan yang diraih Vietnam. Menurut Nguyen Quoc Tuan, anak asuhnya layak melaju ke final karena bermain lebih baik.

“Saya sangat senang dengan hasil pertandingan. Adapun kunci mengalahkan Thailand adalah semangat dan kemauan para pemain sangat bagus. Para pemain juha melakukan dengan sangat baik rencana permainan yang telah ditetapkan pelatih. Inilah yang membuat saya bahagia,” ucap Nguyen Quoc Tuan.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memberikan bonus ratusan juta rupiah kepada para pemain dan staf pelatih Timnas Vietnam U-16 usai lolos ke final. VFF disebut memberikan bonus 300 juta dong (Rp190 juta).

Itu adalah jumlah yang sama ketika Vietnam lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. VFF berharap, bonus ini bisa semakin memotivasi para pemain untuk memberikan yang terbaik.

“VFF ingin para pemain untuk fokus dan menyiapkan tim sebaik-baiknya pada final Piala AFF U-16 2022 pada 12 Agustus 2022,” bunyi pernyataan VFF.

Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, akan kehilangan dua pemain andalannya untuk final Piala AFF U-16 2022.

Dua pemain yang akan absen tersebut yakni penjaga gawang Pham Dinh Hai yang harus menepi karena mengalami cedera parah saat bersua Thailand.

Sedangkan satu pemain lainnya yakni Hoang Cong Hau, gelandang produktif yang justru diganjar kartu merah oleh wasit Thoriq Alkatiri di semifinal.