Striker Indonesia U-19 Ditawari Gabung Klub Yunani, tapi Terganjal Kontrak dengan PSS Sleman

Penyerang andalan Shin Tae-yong di timnas U-19 Indonesia, Hokky Caraka, mengakui bahwa ada klub luar negeri asal Liga Yunani yang berminat untuk merekrutnya.

Namun demikian, rencana transfer ini gagal terwujud. Sebab, penyerang jebolan Garuda Select ini masih terikat kontrak dengan klubnya saat ini, PSS Sleman.

Hal itu diketahui seusai Hokky Caraka berjumpa dengan Direktur Teknik Program Garuda Select, Dennis Wise.

Pertemuan itu terjadi pada pertandingan timnas U-16 Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-16 2022.

Momen pertemuan itu berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Minggu (6/8/2022).

Dennis Wise bertanya soal prospek dan perkembangan karier Hokky bersama PSS Sleman.

“Dia sempat bertanya tentang nasib saya di tim baru (PSS Sleman), apakah saya akan diberikan menit bermain atau tidak,” kata Hokky.

“Kalau tidak, Dennis akan mencarikan saya tim,” ujarnya saat ditemui Skor.id, Minggu (6/8/2022).

Sebetulnya, Dennis Wise sudah menemukan klub Liga Yunani yang berminat untuk mendatangkan pemain asal Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut.

Sayangnya, transfer ini urung terjadi. Sebab, pemain kelahiran 21 Agustus 2004 itu masih terikat kontrak jangka panjang dengan PSS hingga 2024.

“Awalnya sih saya sempat dicarikan klub Yunani dan sudah dapat. Namun terkendala, karena saya sudah terikat kontrak dengan PSS Sleman,” ujar Hokky.

“Jadi ya belum bisa. Karena kontrak saya bersama PSS Sleman berdurasi panjang, masih berlangsung hingga 2024,” kata striker berusia 17 tahun itu melanjutkan.

Hokky Caraka dan Dennis Wise memang memiliki hubungan yang cukup spesial.

Sebab, legenda sepak bola Inggris itu pula yang mengubah posisi Hokky dari awalnya sebagai stopper menjadi striker.

Sewaktu lolos mengikuti program Garuda Select di Inggris selama enam bulan, Hokky Caraka merupakan pemain bertahan. Dia biasa bermain sebagai stopper.

Namun performanya sebagai stopper kurang maksimal. Pelatih Garuda Select, Dennis Wise pun mencoba memasang Hokky Caraka sebagai striker.

Itu sesuai dengan posisi yang pernah dimainkan siswa SMAN 1 Seyegan, Kabupaten Sleman tersebut.

Hasilnya, Hokky Caraka langsung bisa mencetak hat-trick dalam sesi internal game di Garuda Select. Hal itu membuat Dennis Wise yakin bahwa Hokky Caraka bukan stopper.

Selain memiliki naluri mencetak gol yang bagus, Hokky Caraka juga memiliki kecepatan. Ia menjadi yang tercepat dalam sesi seleksi lari di Garuda Select III.

Hokky juga berstatus sebagai pemain andalan Shin Tae-yong di lini serang timnas U-19 Indonesia. Di Piala AFF U-19 2022 yang lalu, ia sempat mencetak empat gol.

Seluruh gol tersebut diborong Hokky Caraka ketika timnas U-19 Indonesa sukses menggulingkan Brunei Darussalam dengan skor 7-0 dalam laga penyisihan grup.