Piala AFF U-16 2022: 7 Bintang Timnas Indonesia U-16 Selama Fase Grup

Sepanjang Piala AFF U-16 2022, muncul tujuh bintang di Timnas Indonesia U-16.

Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia menjadi juara grup A usai membungkam Vietnam 2-1 di laga pemungkas.

Timnas Indonesia U-16 memimpin klasemen dengan torehan angka sempurna. Mereka mengoleksi total 9 poin usai menyapu bersih semua pertandingan.

Di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal, tentu tidak lepas daro kerja keras pemain. Namun, dari 28 nama yang didaftarkan, hanya ada 7 pemain yang selalu jadi andalan.

Tujuh pemain yang dimaksud selalu mengisi starting XI Timnas Indonesia U-16 sepanjang fase grup. Bahkan, salah satu antaranya juga menjadi mesin gol Skuad Garuda.

Arkhan Kaka Putra

Arkhan Kaka Putra selalu mengisi starting XI Timnas Indonesia U-16 sepanjang fase grup Piala AFF U-16 2022 dengan 220 menit penampilan. Namun, striker 14 tahun tersebut hanya tampil penuh pada laga kontra Filipina.

Dalam dua laga lainnya, pemain kelahiran Blitar itu selalu ditarik keluar oleh Bima Sakti. Pada pertandingan kontra Singapura, perannya digantikan oleh Waliy Marifat sejak menit 46′.

Anak kandung legenda Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo itu juga ditarik keluar dalam duel kontra Vietnam pada menit 84′. Akan tetapi, Arkhan masih sempat menyumbang 1 gol untuk Skuad Garuda.

Muhammad Kafiatur Rizky

Muhammad Kafiatur Rizky juga menjadi pilihan utama di lini tengah Timnas Indonesia U-16. Dia selalu mengisi daftar 11 pemain utama pada tiga pertandingan babak penyisihan.

Pemain Borneo FC Samarinda itu tampil selama 226 menit sepanjang fase grup. Dalam laga kedua melawan Singapura, ia ditarik keluar pada menit 46 usai mencetak 2 gol.

Sementara, di dua laga lainnya, Kafiatur Rizky selalu tampil selama 90 menit. Hanya memang pada laga kontra Vietnam, dia ditarik keluar di babak tambahan waktu tepatnya pada menit 90+3′.

Rizdjar Nurviat Subagja

Rizdjar Nurviat Subagja merupakan salah satu andalan Timnas Indonesia U-16 di lini pertahanan, tepatnya di sektor bek kanan. Dia selalu diturunkan sebagai starter oleh Bima Sakti.

Bek asal Cirebon, Jawa Barat tersebut juga selalu tampil penuh dalam laga melawan Filipina dan Vietnam. Sementara dalam duel kontra Singapura, Rizdjar ditarik keluar pada awal babak kedua.

Jebolan akademi Bina Sentra tersebut digantikan oleh Fadel Ahmad Arrafi pada menit 46’. Sehingga dia mencatatkan total 226 menit penampilan selama fase grup Piala AFF U-16.

Muhammad Nabil Asyura

Di sisi sayap kiri, Muhammad Nabil Asyura selalu menjadi andalan Bima Sakti. Jebolan Gasliko U-15 tersebut mencatatkan total 247 menit penampilan.

Nabil Asyura sempat ditarik keluar pada laga pertama melawan Filipina. Namun, setelah mencetak hattrick ke gawang Singapura pada pertandingan kedua, posisinya tak tergantikan.

Nabil Asyura juga ikut menyumbang gol ketika Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Vietnam 2-1. Sehingga Garuda Asia dipastikan mengamankan tiket ke semifinal.

Muhammad Riski Afrisal

Di lini tengah, Bima Sakti selalu memasang Muhammad Riski Afrisal bersama Kafiatur Rizky. Pemain kelahiran 25 April 2006 tersebut selalu mengisi daftar starting XI Timnas Indonesia U-16.

Riski Afrisal sempat digantikan Muhammad Yanuar Sanusi pada laga pertama kontra Filipina. Akan tetapi, pada dua laga berikutnya, dia selalu bermain penuh.

Total, Riski Afrisal bermain selama 259 selama fase grup Piala AFF U-16 2022. Dia juga mencetak gol fantastis ke gawang Singapura pada laga kedua.

Andrika Fathir Rachman

Andrika Fathir Rachman tak tergantikan di sektor penjaga gawang Timnas Indonesia U-16. Dia selalu tampil penuh dalam tiga laga di fase grup Piala AFF U-16 2022 dengan catatan 270 menit penampilan.

Kiper asal Jakarta tersebut memang tampil bagus dalam menjaga gawang Timnas Indonesia U-16 dari kebobolan. Dia mencetak clean sheet pada laga kontra Filipina dan Singapura.

Andrika hanya kebobolan satu kali sepanjang fase grup, yakni pada laga pemungkas grup A kontra Vietnam. Itu pun melalui tendangan penalti Nguyen Cong Phuong.

Muhammad Iqbal Gwijangge

Satu lagi pemain yang tak tergantikan dalam skuad Timnas Indonesia U-16 adalah Muhammad Iqbal Gwijangge. Dia selalu menjadi andalan Bima Sakti di sektor bek tengah.

Selain mengawal pertahanan, pemain kelahiran Sumedang, Jawa Barat tersebut juga mendapat tugas tambahan dari Bima Sakti. Dia didapuk sebagai kapten tim.

Performanya di lini pertahanan cukup mengesankan. Tak heran, dia mendapat kesempatan tampil 270 menit selama fase grup Piala AFF U-16 2022.