PSSI Buka Peluang Timnas Indonesia Bertanding di Wilayah IKN

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan membuka peluang bagi Timnas Indonesia bertanding dalam ajang internasional di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan, yang sedang dalam proses pembangunan.

Menurutnya, stadion-stadion yang ada di wilayah IKN sudah cukup memadai untuk menggelar pertandingan Timnas Indonesia. Bahkan, bukan tidak mungkin turnamen internasional seperti Piala AFF berlangsung di wilayah IKN.

“Kalau pertandingan tim nasional, kami akan lihat dahulu. Di Kalimantan Timur banyak lapangan bagus, bisa jadi kalau kita tuan rumah bisa saja di sana,” kata Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/8/2022).

“Ada Balikpapan (Batakan), ada Samarinda (Segiri). Banyak lapangan bagus di sana. Baik itu untuk FIFA Matchday atau tuan rumah ajang internasional,” sambungnya.

Seperti diketahui, pertandingan Timnas Indonesia selama ini lebih banyak digelar di Jawa meski sesekali berlangsung di Bali dan Palembang. Belum diketahui secara pasti mengapa PSSI hampir tak pernah menggelar ajang internasional di luar Jawa.

Kini, pemerintah telah menjanjikan kepada PSSI pembangunan training center sepakbola di wilayah IKN. Tidak tanggung-tanggung, Presiden RI Joko Widodo menyebut bakal memberikan lahan seluas mencapai 50 hektar untuk dibangun.

Jika benar, tentu peluang Timnas Indonesia tampil di Pulau Kalimantan sangat terbuka. Apalagi, semua kelompok umur bakal berpusat di sana.

“Alhamdulillah, federasi dibantu pemerintah punya training center di sana,” terang mantan Kapolda Metro Jaya itu.

“Sesuai aturan AFC, jarak (dari stadion) ke Bandara tidak jauh, hanya 30 sampai 40 menit. Tidak sampai 2,5 jam. Jadi saya inginnya semua kelompok umur di sana,” ia menambahkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menerima Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menanyakan perkembangan sepakbola Indonesia. Dari situ disinggunglah pusat pelatihan atau training center untuk Timnas Indonesia di IKN.

“Lokasinya di tengah-tengah Samarinda dan Balikpapan. Nanti saya sebagai Ketum PSSI akan meninjau langsung ke sana,” pungkasnya. (Suara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.