Titus Bonai Jadi Senjata Baru Lini Serang PSIS Semarang di BRI Liga 1 2022-2023

Titus Bonai menjadi rekrutan terakhir PSIS Semarang di bursa transfer BRI Liga 1 2022-2023 periode pertama. Penyerang senior asal Papua dikontrak menjelang penutupan masa pendaftaran pemain putaran pertama musim ini.

Klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu mengumumkan bahwa Tibo, biasa disapa, resmi bergabung pada Kamis, 4 Agustus 2022. Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, menyampaikan pengumuman itu melalui laman resmi klub.

“Tibo kami datangkan untuk menambah kedalaman skuad di lini depan. Semoga yang bersangkutan segera beradaptasi dan nyetel dengan tim supaya segera berkontribusi. Sebelum kami kontrak, Tibo juga telah melakukan tes medis dan tes fisik yang hasilnya cukup baik,” kata Yoyok.

Titus Bonai sudah malang melintang di dunia sepak bola nasional. Pemain berusia 33 tahun itu tercatat pernah memperkuat sejumlah klub, di antaranya Persipura Jayapura, Borneo FC, PSM Makassar, Sriwijaya FC, dan Semen Padang. Ia juga pernah memperkuat Timnas Indonesia.

Kehadiran Tibo bisa menambah opsi bagi pelatih Sergio Alexandre yang kini sedang mengejar kemenangan perdana di BRI Liga 1, setelah dua laga sebelumnya hanya bisa mengemas satu poin.

PSIS gagal meraih kemenangan saat melakoni laga kandang di laga pertama mereka musim ini. Laskar Mahesa Jenar ditahan imbang RANS Nusantara FC 1-1. Berikutnya, mereka takluk 2-1 dari tuan rumah Arema FC.

Di dua laga itu, Sergio Alexandre tak bisa mengandalkan penyerang Carlos Fortes, yang mengalami cedera. Pemain asal Portugal yang musim lalu menjadi mesin gol Arema FC itu mengalami cedera saat bermain di turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Tibo akan menambah daftar sepuluh pemain di lini depan. Dia akan bahu membahu dengan pemain Jepang, Taisei Marukawa, Pemain Terbaik Liga 1 musim lalu ketika membela Persebaya Surabaya, serta pemain lainnya, seperti Fortes, Oktafianus Fernando dan Hari Nur Yulianto.

PSIS Semarang saat ini berada di papan bawah klasemen BRI Liga 1, yakni di urutan ke-15. Mereka membutuhkan kemenangan untuk bisa memperbaiki peringkatnya.

Pada pekan ketiga BRI Liga 1 2022-2023 ini, PSIS Semarang akan menjamu Barito Putera pada Sabtu, 6 Agustus 2022. Titus Bonai berpotensi menjalani debutnya bersama Laskar Mahesa Jenar di laga itu, saat tampil di depan pendukung di Stadion Jatidiri, Semarang.