Arema FC vs PSS Sleman: Menanti Duel Lini Tengah dan Klaim Sesumbar Eduardo Almeida

Hasil akhir duel Arema FC vs PSS Sleman dalam laga pekan ketiga Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (5/8/2022) malam WIB disebut bakal banyak ditentukan oleh kualitas lini tengah kedua tim.

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida sangat percaya diri bahwa Singo Edan bisa meraup poin penuh dalam laga ini. Selain akan tampil di kandang, dia juga percaya dengan kualitas pemain tengahnya.

Saking percaya dirinya, Eduardo Almeida bahkan mengklaim lini tengah Arema FC adalah yang terbaik di Liga 1 2022/2023.

“Mereka punya pemain tengah yang bagus, tetapi bukan gelandang terbaik di liga. Gelandang terbaik di liga adalah para gelandang Arema, Jayus dan lainnya. Bagi saya, merekalah yang terbaik,” jelas Eduardo Almeida dikutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru, Jumat (5/8/2022).

Arema FC mengandalkan susunan pemain tengah yang masih sama dari musim lalu. Jayus Hariono dan Renshi Yamaguchi masih dipercaya mengisi dua tempat di posisi gelandang.

Walaupun, dalam dua laga terakhir, keduanya belum bermain bersama lagi akibat salah satu ada yang cedera.
Pelatih Arema FC Eduardo Almeida pada saat memberikan keterangan di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (10/6/2022) (ANTARA/HO-Arema FC)
Pelatih Arema FC Eduardo Almeida pada saat memberikan keterangan di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (10/6/2022) (ANTARA/HO-Arema FC)

Penggantinya adalah Gian Zola dan Evan Dimas, pemain yang baru didatangkan setelah kompetisi 2021/2022 usai.

Sebaliknya, PSS menurunkan komposisi yang terbilang baru di musim ini. Dua pemain asing, Ze Valente dan Jihad Ayoub telah mendapat tempat utama di dua pertandingan terakhir tim berjuluk Super Elang Jawa. Satu tempat terakhir dalam formasi tiga gelandang PSS, diisi antara Manda Cingi dan Dave Mustaine.

Satu pemain yang mencolok dari komposisi baru PSS adalah Valente. Dia sudah mengemas dua assist dalam dua pertandingan perdananya.

Meski mengakui kualitas Valente, Eduardo Almeida menyebut timnya tidak akan fokus untuk menjaga satu orang di laga nanti. Dia memerintahkan skuad Arema FC untuk bermain kolektif demi mendapatkan kemenangan.

“Valente adalah pemain yang saya kenal, dia berasal dari Portugal. Jadi ya, walaupun Valente adalah pemain yang bagus, kami tidak fokus pada dirinya saja. Kami tetap akan seperti biasanya, yaitu fokus menghadapi timnya, karena PSS punya kualitas secara tim,” jelas pelatih asal Portugal itu.