Shin Tae-yong Balik Kerja Pertengahan Agustus, Ditunggu Event Bentrok Timnas U-19 & Senior pada September

Shin Tae-yong akan kembali ke Indonesia pada pertengahan Agustus, timnas Indonesia U-19 dan senior punya jadwal berdekatan.

Shin Tae-yong dihadapkan dengan bentrokan jadwal kesekian akibat rangkap jabatan di timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior.

Shin Tae-yong saat ini tengah menikmati liburan di Korea Selatan usai memimpin timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 dan timnas senior di Kualifikasi Piala Asia 2023.

PSSI lantas mengumumkan Shin Tae-yong akan kembali bekerja menangani tim Garuda di Indonesia pada pertengahan Agustus ini.

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkap agenda kedatangan Shin Tae-yong tersebut pada Rabu (3/8/2022).

“Shin Tae-yong akan datang pertengahan bulan ini,” ungkap Iriawan dikutip dari BolaSport.com.

“Mudah-mudahan nanti bisa langsung jalan dengan program-program yang ada, kita sudah ada roadmapnya untuk nanti bisa langsung latihan (timnas) U-19,” terangnya.

“Nanti setelah latihan di dalam negeri, kemudian mereka akan mempersiapkan latian di luar, ada beberapa negara yang menjadi pertimbangan.”

Shin Tae-yong memiliki dua agenda sekaligus dengan jadwal nyaris beririsan bareng timnas Indonesia U-19 dan senior.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan bertanding di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 yang bakal dihelat di Jawa Timur.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan menjamu Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam dalam laga Grup F ajang tersebut.

Laga melawan tiga negara itu masing-masing digelar pada 14, 16, dan 18 September 2022.

Pemusatan latihan untuk bersiap menuju ajang itu kemungkinan digelar dua pekan sebelumnya, sehingga para pemain akan absen dari Liga 1.

Hanya sekejap usai ajang tersebut, Shin Tae-yong akan langsung memimpin timnas senior untuk tampil di laga persahabatan di FIFA Matchday.

Tim lawan yang disebut akan meladeni tim Garuda adalah Curacao, anggota Concacaf yang memiliki segudang pemain Liga Inggris dan Belanda.

FIFA Matchday mendatang akan dilangsungkan pada 19 hingga 30 September, sehingga dua laga melawan Curacao akan digelar di antara tanggal itu.

Adapun Liga 1 2022/23 pekan ke-10 sudah menjalani break pada 17 September, sehingga Shin Tae-yong mempunyai waktu ekstra satu atau dua hari untuk menyiapkan timnas senior.

Masalahnya, pada tanggal tersebut Shin Tae-yong tengah membesut timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20, sehingga timnas senior harus menunggu atau PSSI menugasi caretaker. (Bolanas)

Berikut agenda Shin Tae-yong pada bulan September.

14-18 September 2022
Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

19-30 September 2022
Timnas Indonesia senior vs Curacao di FIFA Matchday (tanggal belum ditentukan, Liga 1 rehat pada 17 September).