Thomas Doll Orbitkan Pemain yang Tak Terpantau Shin Tae-yong, Frengky Deaner Akan Dibantu Tembus Piala Dunia U-20

Thomas Doll akan menyiapkan Frengky Deaner menuju Piala Dunia U-20, Shin Tae-yong belum pernah memanggil sang wonderkid ke timnas Indonesia U-19.

Frengky Deaner Missa sedang menjadi buah bibir di kalangan suporter Persija Jakarta berkat performa gacor di Liga 1 2022/23 dalam usia sangat muda.

Frengky Deaner terlahir pada 20 Februari 2004 dan menjadi pemain termuda yang dipromosikan Thomas Doll ke jajaran starter Persija Jakarta.

Thomas Doll mempercayai Frengky Deaner menjadi starter dalam dua laga perdana Persija Jakarta di Liga 1 2022/23 melawan Bali United dan Persis Solo.

Menghadapi Bali United, Frengky menjadi pemain terbanyak yang mencatat sepakan tepat sasaran, yaitu dua kali, yang semuanya ditepis Nadeo Argawinata.

Pemain asal Nusa Tenggara Timur itu meng-upgrade catatannya dengan mencetak gol debut pada pekan kedua kontra Persis Solo.

Frengky menerima umpan dari Riko Simanjuntak lantas bergerak ke dalam kotak seperti Arjen Robben, dan melepas sepakan ke tiang jauh yang tak terjangkau M Riyandi.

Gol itu mempertegas Frengky sebagai salah satu wonderkid terbaik yang muncul di Liga 1 musim ini.

Mengenai status wonderkid, Frengky tergolong asing di telinga publik sepak bola Indonesia lantaran tak pernah membela timnas kelompok umur.

Shin Tae-yong juga tak pernah memasukkan Frengky dalam pemusatan latihan timnas Indonesia U-19, tak seperti rekan setimnya Muhammad Ferarri atau Alfriyanto Nico.

Dengan segala performa baiknya di Liga 1, Shin Tae-yong tak mungkin menutup mata dan hampir dipastikan akan memanggilnya ke timnas U-19.

Pemusatan latihan terdekat timnas U-19 akan digelar Agustus atau September, untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-19 2022.

Apabila semua berjalan lancar, Frengky bahkan bisa menjadi andalan timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023, bahu membahu dengan pemain yang lebih dulu tenar seperti Marselino Ferdinan.

Guna mencapai titik itu, Thomas Doll meminta Frengky untuk menatap target terdekat dengan bermain baik tiap pekan bersama Persija.

“Ini masih Juli 2022, terlalu cepat untuk menilai hal itu (peluang Frengky ke Piala Dunia),” ujar Doll di laman resmi klub (31/7/2022).

“Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya, tapi saya berharap Frengky berada di kondisi yang baik saat Piala Dunia U-20 sudah dekat,” sambungnya.

Lebih jauh, Thomas Doll menyiratkan akan mempersiapkan Frengky agar dapat tampil konsisten sepanjang musim ini.

Jika Doll sudah berkata demikian, tinggal Frengky sendiri yang harus bermain konsisten di tiap sesi latihan dan tiap pertandingan.

“Menurut saya Frengky sudah berada di jalur yang tepat untuk berkembang, dia pemain yang bertalenta dan saat ini dia bermain di posisi yang baru untuknya,” tutur Doll.

Fengky memang menjalani peran menarik sebagai wing back kanan dengan kaki terkuat kiri, sesuatu yang jarang disaksikan di Indonesia, bahkan di Eropa.

Padanan yang tak terlalu apple-to-apple barangkali adalah pemain Tottenham Dejan Kulusevski, yang bermain sebagai winger kanan dan disebut Antonio Conte bisa berperan sebagai wing back.

“Saya rasa semua mempunyai kesempatan untuk bermain di Piala Dunia jika mereka punya keinginan untuk berkembang,” tandas Doll.

Persija Jakarta selanjutnya akan bertandang ke markas pelosok Stadion BJ Habibie milik PSM Makassar pada Jumat (5/8/2022).