Bima Sakti Andalkan Putra Eks Striker Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022

Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, memberikan motivasi sekaligus pesan penting kepada salah satu pemainnya, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Kaka sukses tampil impresif pada laga perdana timnas U-16 Indonesia pada Grup A Piala AFF U-16 2022 melawan Filipina, Minggu (31/7/2022) amalam.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, ia menjadi salah satu pemain yang menonjol pada kemenangan 2-0 tim atas Filipina.

Seluruh gol tersebut tercipta berkat kontribusi Kaka. Selain mencetak gol, umpan silangnya justru berbuah gol bunuh diri pemain Filipina, Jared Pena.

“Saya pikir, ini proses untuk Kaka dan juga untuk semua pemain,” kata Bima Sakti dalam sesi konferensi pers pascapertandingan, Minggu (31/7/2022).

“Saya berpesan kepada mereka untuk tetap belajar dan jangan cepat puas. Untuk Kaka, saya pikir dia memiliki prospek yang bagus. Apalagi dia pemain kelahiran tahun 2007.”

Bima Sakti mengatakan, pemainnya itu memiliki potensi besar untuk mengikuti ayah kandungnya yang berstatus sebagai eks-pemain timnas Indonesia, Purwanto Suwondo.

Sebagai informasi, Purwanto Suwondo merupakan mantan pemain andalan timnas Indonesia yang juga eks-pemain Persija Jakarta.

“Dia juga telah berjanji kepada saya bahwa dia harus lebih hebat dari bapaknya. Bapaknya Kaka merupakan mantan pemain timnas Indonesia, Purwanto,” kata Bima Sakti.

Pada seleksi awal timnas U-16 Indonesia yang berlangsung pada April 2021, Kaka sebetulnya jadi salah satu nama yang sempat dicoret tim pelatih saat menyaring sekitar 169 pemain.

Namun, hal itu tak lantas membuatnya terpuruk. Ia justru mampu tampil impresif bersama Bhayangkara FC di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 2021 dengan catatan sembilan gol.

“Ternyata dia mampu bangkit dan menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di EPA Liga 1 U-16 2021 bersama Bhayangkara FC,” kata Bima Sakti.

“Namun, saya meminta kepada Kaka dan semua pemain agar tidak cepat puas, tetap rendah hati, dan terus belajar,” ia melanjutkan.