Kenang Debut Bersama Timnas Indonesia, Elkan Baggott Akui Merinding saat Menyanyikan Indonesia Raya

Elkan Baggott tak bisa melupakan debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada November 2021. Menurut Elkan Baggott, dirinya sempat merinding saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan sebelum laga.

Elkan Baggott menandai debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada laga persahabatan melawan Afghanistan (16/11/2021). Ketika itu, pelatih Shin Tae-yong mempercayakannya bermain selama 70 menit.

“Sebenarnya, bermain untuk tim senior pertama kalinya adalah spesial. Menyanyikan lagu kebangsaan membuat Anda merinding dan bulu kuduk berdiri. Itu adalah momen yang sangat membanggakan bagi saya,” kata Elkan Baggott dalam wawancara dengan Livescore.

Hingga saat ini, Elkan Baggott sudah mengumpulkan 10 penampilan untuk Timnas Indonesia senior. Pemain berusia 19 tahun itu mengumpulkan 603 menit bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Gol Perdana

Selain pengalaman debut, Elkan Baggott juga tak bisa melupakan gol perdananya untuk Timnas Indonesia. Gol tersebut dicetak Elkan Baggott di Piala AFF 2020.

Elkan Baggott mencetak gol ke gawang Malaysia saat membela Timnas Indonesia. Menurut Elkan Baggott, momen itu sangat berkesan untuknya.

“Mencetak gol perdana saya melawan Malaysia juga merupakan momen brilian. Saya menikmatinya,” ucap Elkan Baggott.

Debut Kekalahan

Elkan Baggott baru saja mencatatkan debutnya di League Two 2022/2023 bersama Gillingham FC, Sabtu (30/7/2022). Sayangnya, dalam laga tersebut Gillingham FC harus menyerah 0-2 dari AFC Wimbledon.

Elkan Baggott dipercaya tampil sebagai starter oleh manajer Gillingham FC, Neil Harris. Sepanjang pertandingan yang digelar di Cherry Red Records Stadium, Baggott tampil apik dalam menghalau serangan dari AFC Wimbledon.

Namun, dia gagal menghalau dua gol AFC Wimbledon yang dicetak oleh Ethan Chrislett (15′) dan Jack Currie (71′). Hingga laga usai, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Dapat Pujian

Jurnalis BBC, Benjamin Watts, memberikan pujian terhadap debut Elkan Baggott bersama Gillingham FC. Menurut Benjamin, sang pemain tampil apik di jantung pertahanan klub.

“Bukan hari pertama yang ideal di League Two untuk Gills. Neil Harris mengakui ada banyak yang harus diperbaiki dan menyesali dua kesalahan di pertahanan sehingga kebobolan,” tulis Benjamin Watts di akun Twitter-nya.

“Saya pikir penampilan Elkan Baggott sebagai bek tengah adalah hal yang positif. Dan serangan tandang putih baru dengan trim biru juga sangat bagus,” ucap Watts.

Demi Bermain Reguler

Elkan Baggott bergabung dengan Gillingham FC dengan status pinjaman selama semusim. Ipswich Town meminjamkan Elkan kepada Gillingham agar bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Maklum, Elkan Baggott gagal menembus skuad inti Ipswich Town pada musim lalu. Pemain berusia 19 tahun itu tercatat hanya mendapatkan tiga kesempatan bermain di tim inti.

“Baggott akan menghabiskan musim ini bersama Gillingham FC dengan tujuan mengambil menit reguler,” bunyi keterangan resmi Ipswich Town.