5 Penyerang Timnas Indonesia yang Pernah Gegerkan Piala AFF

Berikut deretan penyerang Timnas Indonesia yang pernah menggegerkan panggung Piala AFF sejak pertama bergulir pada 1996.

Piala AFF merupakan salah kejuaraan sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara yang ada di bawah naungan AFF atau Federasi Sepak Bola Asia Tenggara.

Ajang ini telah bergulir sejak 1996. Saat pertama kali digulirkan, Piala AFF masih menggunakan nama Piala Tiger sesuai permintaan sponsor.

Seiring berjalannya waktu, nama Piala Tiger pun diubah menjadi Piala AFF, terhitung sejak edisi 2007 silam yang bergulir Singapura dan Thailand.

Sejak pertama bergulir, Timnas Indonesia tak pernah absen berpartisipasi di ajang ini. Total sudah 13 kali skuad Garuda ambil bagian di Piala AFF.

Hanya saja dalam 13 kali kesertaannya itu, Timnas Indonesia tak pernah menjadi juara. Raihan terbaik skuad Garuda adalah menjadi Runner Up, yakni sebanyak 6 kali.

Meski begitu, para penggawa Timnas Indonesia kerap menggegerkan panggung Piala AFF, terutama barisan penyerangnya.

Tercatat ada 5 bomber Timnas Indonesia yang pernah membuat geger gelaran Piala AFF sejak bergulir pada 1996.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan salah satu penyerang legendaris yang pernah dimiliki Timnas Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Penyerang berjuluk Si Kurus ini punya rekam jejak apik, terutama di Piala AFF. Kurniawan Dwi Yulianto tercatat menjadi salah satu top skor sepanjang masa Piala AFF dengan total 13 gol.

Catatan itu membuatnya menjadi pemain Indonesia tersubur sepanjang masa AFF dan juga pemain tersubur ke-6 di Asia Tenggara untuk ajang ini.

2. Bambang Pamungkas

Tak hanya Kurniawan Dwi Yulianto, Bambang Pamungkas juga punya rekam jejak mentereng di Piala AFF dengan total 12 gol sepanjang kesertaannya di ajang ini.

Catatan itu membuatnya menjadi top skor sepanjang masa Piala AFF ke-7 bersama legenda Thailand, Kiatisuk Senamuang.

Meski gagal membawa Timnas Indonesia juara, Bambang Pamungkas pernah menyabet gelar top skor di Piala Tiger 2002 dengan sumbangan 8 gol.

3. Ilham Jaya Kesuma

Setelah Bambang Pamungkas yang menjadi top skor Piala Tiger 2002, bomber Indonesia lainnya yakni Ilham Jaya Kesuma menyusul torehan tersebut di edisi 2004.

Mantan penyerang Persita Tangerang ini pernah membuat geger Piala AFF usai menjadi top skor dengan torehan tujuh gol.

Salah satu catatan manisnya terjadi di fase grup Piala Tiger 2004, saat mencetak Hattrick ke gawang Kamboja dan membawa Indonesia menang 8-0.

4. Gendut Doni Christiawan

Sebelum Bambang Pamungkas dan Ilham Jaya Kesuma, penggawa Timnas Indonesia yang berhasil menyabet gelar top skor pertama kali di Piala AFF adalah Gendut Doni Christiawan.

Mantan penyerang Persija Jakarta ini mampu menjadi top skor Piala Tiger 2000 dengan sumbangan lima gol, bersama dengan Worrawoot Srimaka.

Gendut Doni pun mampu mengantarkan Timnas Indonesia ke final. Hanya saja, di partai puncak skuad Garuda tumbang 1-4 dari Thailand.

5. Boaz Solossa

Boaz Solossa merupakan salah satu penggawa Timnas Indonesia yang namanya melejit di Piala AFF sejak dirinya masih berusia 18 tahun.

Di Piala Tiger 2004, Boaz sudah dipanggil ke Timnas Indonesia di usia 18 tahun. Di usia tersebut, dirinya mampu membuat geger usai berhasil mencetak 4 gol sepanjang turnamen dan melangkah ke final.

Di tahun Piala AFF 2016, Boaz pun juga tampil apik dan membawa Timnas Indonesia lolos ke final dengan menorehkan 3 gol, di mana lagi-lagi skuad Garuda kalah di partai puncak. (Suara)