Prediksi Piala Presiden 2022: Borneo FC vs Arema FC 17 Juli 2022

Borneo FC akan menjamu Arema FC pada leg 2 final Piala Presiden 2022, Minggu 17 Juli 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Segiri, Samarinda, kick-off jam 20:00 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Arema sebelumnya sudah pernah juara pada edisi 2016 dan 2019. Mereka ingin menambahnya. Sementara itu, Borneo bertekad menjadi juara Piala Presiden untuk pertama kalinya.

Pada leg 1 di Malang, Borneo dikalahkan Arema 0-1. Gol tunggal Arema dicetak oleh Abel Camara dari assist Gian Zola.

Agregat sementara cuma 1-0 untuk Arema. Borneo masih punya kans untuk membalikkan keadaan saat ganti meladeni Singo Edan di Samarinda. Namun, Arema tentu tak ingin menyia-nyiakan keunggulan yang sudah mereka dapatkan dari laga pertama.

Optimisme Tuan Rumah

Stefano Lilipaly merayakan golnya ke gawang PSS Sleman di semifinal Piala Presiden 2022 (c) Dok. Borneo FC Samarinda

Pelatih Borneo FC, Milomir Seslija masih optimistis timnya bisa memenangi final kedua. Jika ingin langsung juara, mereka harus menang dengan selisih dua gol.

“Kami masih optimis dan akan mati-matian di final kedua,” kata pelatih asal Bosnia ini.

Secara teknis, Milo menyiapkan pemainnya agar tidak melakukan kesalahan lawan Arema. Sebab, Singo Edan punya serangan balik cepat.

Selain itu, dia memberikan bocoran jika timnya akan mengambil sebuah risiko untuk juara.

“Jika ingin juara, harus ada risiko yang kami ambil. Untuk Jonathan Bustos (gelandang serang Borneo), kami bicara dengan dokter tim. Kemungkinan bisa main,” kata Milo.

Borneo FC bakal mengambil dua risiko untuk menjadi juara. Pertama, mereka harus tampil menekan sejak menit awal. Risikonya, tentu lini belakang lebih longgar dan bisa jadi celah Arema melakukan serangan balik.

Risiko kedua terkait Bustos. Dia baru pulih dari cedera. Biasanya, berisiko menurunkan pemain yang baru pulih sejak menit awal. Sebenarnya, Borneo masih punya Sultan Samma sebagai gelandang serang. Namun, performa Pesut Etam bisa lebih maksimal jika ada Bustos.

Singo Edan Datang untuk Menang

Para pemain Arema FC merayakan gol yang dicetak oleh Abel Camara dalam leg pertama final Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (14/7/2022) malam. (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Di lain pihak, Arema mengaku tidak ingin sekadar main bertahan di Samarinda. Mereka juga membidik kemenangan meski sudah punya modal kemenangan 1-0 dari final pertama di Malang.

“Pertandingan final pertama sudah selesai. Itu jadi masa lalu. Sekarang, kami datang untuk menang dan mengangkat trofi juara,” kata pelatih Arema, Eduardo Almeida.

Meski terbiasa tampil lebih bertahan, Arema punya mental juara. Ahmad Alfarizi dkk sudah terbiasa main di bawah tekanan. Buktinya, mereka menang 2-0 di kandang PSIS Semarang pada babak semifinal.

Jadi, saat main di kandang Borneo nanti, mereka sudah siap mental dengan teriakan suporter tuan rumah.

“Kami berupaya membuat tim ini selalu berkembang dari laga sebelumnya. Sekarang, kami datang dengan komposisi full team. Namun, ada yang tidak bisa bermain karena cedera lama, seperti Kushedya Hari Yudo, Seiya da Costa, dan Syaeful Anwar, sedangkan Hasim Kipuw sudah mulai latihan setelah cedera lama,” jelasnya.

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Borneo FC (4-2-1-3): Angga Saputro (kiper); Fajar Faturrohman, Diego Michiels, Javlon Guseynov, Leo Guntara (belakang); Hendro Siswanto, Kei Hirose; Jonathan Bustos (tengah); Terens Puhiri, Matheus Pato, Stefano Lilipaly (depan).

Pelatih: Milomir Seslija.

Arema FC (4-2-1-3): Adilson Maringa (kiper); Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (belakang); Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono; Gian Zola (tengah); Dendi Santoso, Abel Camara, Adam Alis (depan).

Pelatih: Eduardo Almeida.

Prediksi: 50 – 50.