Persib Bandung Hanya Usulkan Satu Stadion untuk Liga 1 2022-2023

Manajemen Persib Bandung, mengusulkan satu stadion untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatunya agar tim kebanggaan Bobotoh bisa bedain kandang di Stadion berkapasitas 38 ribu penonton tersebut.

Persib sendiri akan mengawali kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 dengan pertandingan tandang, mengahadapi tuan rumah Bhayangkara FC, Minggu (24/07/22).

Kemudian pertandingan kandang perdana skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yakni menghadapi Madura United, sepekan setelah laga menghadapi Bhayangkara FC, yakni pada Minggu (30/07/22).

“Stadion sedang berproses tunggu aja kan masih ada waktu kita main tanggal 24,” kata Teddy Tjahjono.

Teddy menuturkan, saat ini manajemen Persib sudah mengajukan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), terkait Stadion yang akan dijadikan kandang pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

“Yang kita usulkan ke LIB GBLA dari awal. Hanya satu yang diusulkan,” ucap Teddy.

Sejauh ini, beberapa fasilitas penunjang yang ada di Stadion GBLA terus dipersiapkan, terutama lapangan agar pertandingan nanti bisa berjalan dengan lancar.

“Seperti yang dilihat rumput sudah makin bagus, LED board sudah dipasang sudah dites, jadi kita berproses untuk itu,” jelas Teddy.

Sementara itu, pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 skuat Maung Bandung menjadi tuan rumah babak penyisihan Grup C dan menggunakan Stadion GBLA untuk venue pertandingan.

Persib Bandung hanya menggunakan Stadion GBLA dalam dua pertandingan, yakni menghadapi Bali United dan Persebaya Surabaya.

Sedangkan di laga ketiga, skuad Pangeran Biru menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Persib terpaksa pindah ke Stadion Si Jalak Harupat, pasalnya Stadion GBLA tidak dapat digunakan setelah terjadi insiden pada laga Persib menghadapi Persebaya.

Pada pertandingan tersebut, 2 orang Bobotoh meninggal dunia, saat akan memasuki Stadion GBLA. Mereka, meninggal setelah berdesakan di pintu masuk stadion.

Selain itu, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, skuat Maung Bandung juga tidak dapat menggunakan Stadion GBLA, lantaran selain terkendala izin stadion tersebut sedang direnovasi.

“Di Bandung (uji coba) bermasalah dengan izin kepolisian dan juga stadion,” kata Robert Alberts.

Stadion GBLA, Kota Bandung sendiri akan disiapkan untuk menjadi kandang skuat Maung Bandung saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Hanya saja, untuk sementara Stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk tersebut tidak dapat digunakan karena izin dari kepolisian, ditambah lagi sedang dalam perawatan.

“GBLA adalah stadion kandang bagi kami dan untuk liga kami akan menggunakan GBLA. Tapi sekarang kami belum bisa menggunakan GBLA karena masih ditutup oleh kepolisian dan mereka juga sedang membenahi lapangannya,” ungkap Robert Alberts.

Sehingga, setelah tersingkir dari Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022-2023, skuad Maung Bandung hanya berlatih di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung dan di Lapangan Soccer Republic Pasteur, Kota Bandung.

“Kami tidak bisa berlatih di sana (GBLA), karena sedang memperbaiki lapangannya untuk liga,” jelas Robert Alberts.