Sewa Stadion Lebih Murah Jadi Alasan Piala AFF U-16 Digelar Di Yogyakarta

Piala AFF U-16 bakal dilangsungkan di Yogyakarta dengan menggunakan Stadion Maguwoharjo dan Sultan Agung. Keputusan tersebut diambil karena harga sewa tempat itu lebih murah.

Semula PSSI berencana menggelar pertandigan Piala AFF U-16 di Jakarta dan Bekasi. Adapun tempat yang ditunjuk yakni Stadion Madya dan Stadion Patriot Candrabhaga.

“Terkait pembiayaan, AFF tidak memberikan dana untuk ajang ini dan dilimpahkan langsung kepada host. Sehingga kami akan kewalahan apabila [ajang] youth saja dilaksanakan di Madya dan Bekasi,” kata sekjen PSSI Yunus Nusi saat dihubungi awak media.

“Karena biaya sewa stadion [Patriot dan Madya] sangat mahal dan berbeda dengan sewa stadion di Yogyakarta,” ucap mantan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Dalam Piala AFF U-16, timnas Indonesia U-16 menempati Grup A. Pasukan Garuda Muda bakal berhadapan dengan Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Sebanyak 30 pemain dipanggil buat mengikuti pemusatan latihan (TC). Agenda tersebut dilangsungkan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mulai 11 Juli 2022.

Faktor lain dalam memilih Yogyakarta untuk memberi kesempatan pada suporter di luar Jakarta dan Bekasi menonton timnas Indonesia U-16. Mengingat, dalam Piala AFF U-19, kedua kota tersebut sudah dipakai menggelar pertandingan.

“Pertimbangnnya agar suporter timnas kita yang berada di Jakarta atau yang daerah lain kebagian. Untuk U-16 ini kami akan laksanakan di Yogyakarta,” ucapnya. (Goal.com)