Mengukur Kekuatan PSS Sleman Usai Angkat Kaki dari Piala Presiden 2022, Bisa Lebih Kuat Lagi?

Langkah PSS Sleman di Piala Presiden 2022 harus terhenti di babak semifinal. Pasukan Seto Nurdiyantoro harus bertekuk lutut di harapan Borneo FC Samarinda.

Borneo FC sepertinya masih terlalu tangguh bagi PSS Sleman. Dalam dua leg, Pesut Etam mampu mengalahkan PSS dengan agregat 6-0. Mereka pun cukup dominan di dua laga itu dari segi permainan.

Keberhasilan PSS Sleman melangkah sampai babak semifinal di Piala Presiden 2022 sebenarnya cukup mengejutkan. Sebab, sejak awal tim ini tidak terlalu diunggulkan.

Apalagi PSS Sleman ada di Grup A. Grup itu cukup berat dengan adanya sang tuan rumah Persis Solo. Belum lagi ada PSIS Semarang dan duo klub Tangerang, Persita dan Dewa United.

Namun, PSS Sleman mampu menjalani laga di fase grup dengan cukup apik. Bagus Nirwanto dan kolega lolos ke babak perempat final sebagai runner-up di bawah PSIS Semarang.

Berbeda dengan banyak klub lain, PSS Sleman tidak bisa menampilkan kekuatan terbaik mereka di Piala Presiden 2022. Praktis, PSS lebih banyak mengandalkan talenta lokal.

Rekrutmen pemain asing yang dilakukan PSS Sleman cukup terlambat. Ze Valente baru bisa dimainkan setelah Elang Jawa menjalani dua laga di fase grup.

Sementara itu, dua pemain asing lain yakni Jihad Ayoub dan Mychell Chagas baru bergabung saat PSS sudah lolos ke perempat final. Keduanya kemudian tidak memenuhi aspek administrasi dan tidak bisa dimainkan di Piala Presiden 2022.

Satu pemain asing lain yakni Mario Maslac justru memiliki nasib menarik. Santer beredar kabar bek asal Serbia itu bakal segera meninggalkan PSS Sleman setelah kontraknya diputus oleh PSS.

Kondisi para pemain asing PSS yang kurang ideal itu justru membuat beberapa pemain lokal PSS Sleman mendapatkan kesempatan tampil. Beberapa di antara mereka juga cukup menjanjikan.

Riki Dwi Saputro misalnya, ia bisa menjadi salah satu senjata PSS Sleman di Liga 1 2022/2023 nanti. Eks pemain Persekat Tegal ini mampu mencetak dua gol di sepanjang gelaran Piala Presiden 2022.

Ada pula nama Rifky Suryawan. Pemain asli Sleman yang baru bisa memperkuat PSS di musim ini. Rifky punya kemampuan bermain di banyak posisi. Sebagai local pride, Rifky pun kerap tampil dengan kekuatan 110 persen.

Ada pula Todd Rivaldo Ferre yang seakan mendapatkan kesempatan kedua di PSS Sleman. Meski mantan pemain Persipura Jayapura itu masih harus memperbaiki beberapa aspek dari permainannya.

Mulai dari ketepatan dalam mengambil keputusan hingga soal bagaimana cara menahan emosinya agar tidak terlalu meledak-ledak di dalam pertandingan. (bola.net)