Bima Sakti Enggan Terbebani Kejayaan Timnas U-16 Indonesia Era Fakhri Husaini

Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menyadari timnya mendapatkan ekspektasi tinggi saat menjadi tuan rumah gelaran Piala AFF U-16 2022.

Sebab, saat terakhir kali menjadi tuan rumah penyelenggara Piala AFF U-16, timnas U-16 Indonesia sukses keluar menjadi jawara, yakni pada edisi 2018.

Saat itu, tim dilatih Fakhri Husaini sukses menjadi yang terbaik setelah menumbangkan timnas U-16 Thailand via adu penalti pada partai puncak.

Bima Sakti pun tak ingin menganggap kesukesan edisi 2018 itu sebagai beban. Sebab, ia ingin anak asuhnya fokus melewati laga demi laga dengan baik.

“Kami tidak ingin menjadi beban, meski tahun 2018 bersama Coach Fakhri Husaini kita bisa meraih juara,” kata Bima Sakti di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (12/7/2022).

“Kami akan fokus pada setiap pertandingan. Sebab, setiap laga sama pentingnya. Saya kira semua pemain juga sudah mempersiapkan diri dengan maksimal,” ia menambahkan.

Selain itu, pelatih berusia 46 tahun tersebut juga cukup yakin dengan kekuatan timnas U-16 Indonesia pada Piala AFF U-16 2022.

Sebab, kerangka skuad sudah dibentuk jauh-jauh hari. Sejumlah agenda pemusatan latihan pun telah diselenggarakan untuk mengasah kemampuan tim.

“Tim ini dibentuk dalam jangka waktu yang panjang. Mereka sudah bermain di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16,” kata asal Balikpapan itu.

“Mereka juga dari 34 Asprov yang kami kelilingi untuk mencari pemain terbaik. Skuad ini mewakili setiap provinsi, termasuk dari Yogyakarta juga ada,” ia menambahkan.

Adapun jelang Piala AFF U-16 2022, timnas U-16 Indonesia menggelar pemusatan latihan terakhir di Yogyakarta mulai 11 Juli hingga 13 Agustus 2022.

Menurut rencana, sesi latihan berlangsung di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pada training center (TC) ini, Bima Sakti membawa 30 nama pemain.

Sebagai informasi, tim ini terakhir kali menggelar pemusatan latihan pada April 2022 di Stadion Madya, Jakarta, dengan diikuti 40 pemain.

Sementara pada Piala AFF U-16 2022, timnas U-16 Australia juga akan ambil bagian dalam turnamen dua tahunan tersebut selain 11 negara ASEAN.

Jumlah tim yang ikut dibagi ke dalam tiga grup. Jadi masing-masing grup dihuni empat tim. Timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup A.

Pada grup ini, skuad asuhan Bima Sakti akan bersaing dengan Vietnam, Singapura, dan Filipina untuk menjadi yang terbaik demi lolos langsung ke semifinal. (skor.id)