Pertimbangan Persib Pilih GBLA atau SJH Sebagai Home Base di Liga 1

Persib Bandung akan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai home base mereka di Kompetisi Liga 1 2022-2023.

Sudah selayaknya Persib berkandang di stadion berkapasitas 38 ribu penonton itu. Pasalnya, Stadion Si Jalak Harupat (SJH)—yang selama ini dipakai— sejatinya adalah kandang dari Persikab Kabupaten Bandung.

Tahun ini Persikab akan berlaga di Kompetisi Liga 2. Diketahui selain Persikab, Si Jalak Harupat juga rencananya akan dipakai sebagai home base PSKC Cimahi.

Beberapa pertimbangan tengah didiskusikan, Komisaris Persib Umuh Muchtar menyebut GBLA belum layak untuk menggelar pertandingan kandang Persib dengan dukungan bobotoh.

Menurut Umuh banyak fasilitas yang perlu diperbaiki demi kenyamanan pemain juga penonton yang akan datang berkunjung.

“Ya nanti kalau layak GBLA tidak masalah, menurut saya GBLA belum layak ya, apa yang belum layak harus diperbaiki banyak yang harus dibenahi,” kata Umuh.

Umuh tidak akan memaksakan andai GBLA masih dianggap belum layak untuk menggelar laga Persib dengan penonton. Hal ini perlu dibicarakan lebih lanjut dengan beberapa pihak terkait.

Tentunya Umuh tidak ingin kejadian tewasnya dua bobotoh di pintu masuk Stadion GBLA—saat laga Persib vs Persebaya di Piala Presiden 2022–kembali terulang.

“Jangan dipaksakan di GBLA, nanti kejadian lagi seperti kemarin (tewasnya dua bobotoh) itu saya masih trauma kalau masih ada yang bisa layak di kabupaten (jalak) itu kan masih sama di Jawa Barat juga, tidak jauh,” papar Umuh.

Terkait hal ini Umuh masih perlu berunding dengan jajarannya yang lain di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Pihaknya akan segera mengambil keputusan.

“Insya Allah nanti berunding dulu untuk mengambil langkah,” kata Umuh.

Lapangan di Stadion GBLA kini sedang dalam tahap perbaikan/perawatan rumput. Billboard LED pun tengah di setting sesuai kebutuhan.

Oleh karenanya Persib sudah tidak lagi memakai GBLA sebagai arena latihan pramusim.

Tim arahan Robert Rene Alberts fokus menjalankan persiapan di Stadion Persib, Sidolig, di Jl Ahmad Yani Bandung.