Tersingkir Dari Piala AFF U-19, Posisi Shin Tae-Yong Tetap Aman

Posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia U-19 tetap aman. Meski pria berpaspor Korea Selatan tersebut gagal meloloskan anak asuhnya ke semi-final Piala AFF U-19.

Performa impresif ditunjukkan timnas Indonesia U-19 selama Piala AFF U-19 bergulir. Pasukan Garuda Muda tidak terkalahkan dan menjadi kontestan paling banyak cetak gol di Grup A.

Bukan itu saja, timnas Indonesia U-19 juga cuma kebobolan dua kali dari lima pertandingan yang dimainkan. Akan tetapi, pencapaian positif tersebut terasa sia-sia karena langkah armada Merah Putih terhenti di penyisihan grup.

Timnas Indonesia U-19 gagal lolos lantaran kalah head to head dalam klasemen mini dengan Vietnam dan Thailand. Kedua negara tersebut yang berhak melaju ke semi-final Piala AFF U-19.

“Shin masih terus [melatih] karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa,” kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan kepada awak media.

Selain itu, Iriawan menilai Tae-yong sudah paham betul dengan kemampuan para pemain timnas Indonesia U-19. Terbukti, walau acap kali melakukan rotasi anak asuhnya tetap bermain oke.

“Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki kekompakan dengan dia,” ucapnya.

Selepas dari Piala AFF U-19, Tae-yong bakal mempersiapkan timnas Indonesia U-19 mengikuti kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ajang tersebut dihelat di Tanah Air pada 14 hingga 18 September 2022.

Dalam kualifikasi Piala AFF U-20, timnas Indonesia U-19 menempati Grup F. Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste menjadi lawan yang dihadapi pada babak penyisihan tersebut.