Harap-Harap Cemas Pemulihan Cedera para Pemain Asing Persib

Persib tengah harap-harap cemas menantikan para pemain asingnya untuk pulih dari cedera mereka masing-masing. Apalagi, kick-off Liga 1 2022-2023 pada 23 Juli 2022 kini berjarak kurang dari tiga minggu lagi.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengabarkan bahwa bek asing Nick Kuipers mengalami demam beberapa hari ke belakang.

Pemain asal Belanda tersebut pun harus memeriksakan diri ke rumah sakit dan didapati ada virus yang menyerang.

Pemain bernomor punggung dua itu akan memulai lagi latihan dengan Persib rencananya pada hari Jumat (8/7/2022). Ia dijadwalkan memulai dengan berlatih ringan.

Kuipers adalah korban kerasnya pertandingan di Piala Presiden 2022. Bek tangguh itu mengalami cedera lutut ringan ketika menjalani laga kontra Persebaya di fase grup.

“Nick sedang sakit tapi bukan Covid-19 atau demam berdarah, saya sudah memeriksanya di rumah sakit. Cukup beruntung, Nick akan kembali besok untuk berlatih ringan karena demamnya sudah hilang,” kabar Robert.

Pemain asal Belanda itu rencananya akan dilibatkan Robert dalam dua laga uji coba pramusim Persib melawan RANS United (12/7/2022) dan Persikabo 1973 (16/7/2022) di Bogor.

“Nick seharusnya sudah siap tampil lagi pekan depan pada laga uji coba hari Selasa setidaknya untuk bermain satu babak,” terangnya.

Sementara itu David da Silva masih menjalani pemulihan cedera hamstring. Sama halnya dengan Kuipers, DDS (panggilan David) sempat terserang demam.

Penyerang Persib itu baru akan berlatih pekan depan.

“David juga sama seperti Nick, ditambah dia juga menderita cedera hamstring. Kurang lebih cederanya sudah mulai pulih tapi belum sepenuhnya. David baru akan berlatih pekan depan,” kata Robert.

DDS mengalami cedera hamstring di sesi latihan Persib menjelang laga kontra PSS Sleman di perempat final Piala Presiden 2022.

Lebih lanjut, Robert enggan memaksakan kondisi DDS yang belum prima di pertandingan pramusim.

Pelatih asal Belanda itu lebih condong menyiapkan Da Silva langsung menuju ajang Liga 1 2022-2023.

“David masih harus berlatih satu pekan bersama tim dan melihat bagaimana kondisi hamstringnya, mungkin dia baru bersiap di pekan terakhir,” papar Robert.

Satu pemain asing Persib lainnya, Ciro Alves, diprediksi absen pada laga pembuka melawan Bhayangkara FC. Saat ini, mantan pemain Persikabo 1973 itu akan melakukan pindaian sinar X pada bahunya.

Ciro mendapatkan cedera patah tulang bahu usai membawa Persib menang 3-1 atas Persebaya Surabaya pada ajang Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

“Ciro masih belum siap, kami akan melakukan x-ray dan menganggapnya baru siap bermain lagi di akhir bulan ini,” kata Robert.