Kecewa Disingkirkan PSS Sleman di Piala Presiden, Kapten Persib Bandung Lampiaskan ke Liga 1

Kapten tim Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, mengaku kecewa dengan hasil yang diraih pada babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Pasalnya, pada pertandingan menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22), skuad Maung Bandung harus mengakui keunggulan lawan 2-4 melalui adu penalti.

Sebelumnya, Persib sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Boaz Salossa di menit 53. Skuad Maung Bandung, baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 85 melalui tendangan penalti Marc Klok.

Kekalahan tersebut, membuat tim kebanggaan Bobotoh gagal melangkah ke babak semifinal, lantaran babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 menggunakan sistem single match.

“Mewakili pemain, sangat disayangkan kita terhenti di perempatfinal karena sudah tanggung, dengan satu pertandingan lagi kita bisa melangkah lebih jauh ke semifinal dan final,” kata Jupe sapaan akrabnya setelah pertandingan.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 16 ini menambahkan, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari hasil yang didapat pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Menurut Jupe, dengan tampil di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, maka tim pelatih bisa mengetahui kekurangan skuad Maung Bandung, sehingga pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 dan Piala Indonesia 2022 bisa lebih baik lagi.

“Tapi qodarullah hasilnya seperti ini dan mungkin ke depannya setelah ini kita bisa lebih mempersiapkan diri di Liga,” ucap Jupe.

“Karena akan ada yang jauh lebih penting di depan, ada Piala Indonesia dan liga dan itu jauh lebih bergengsi dari turnamen ini,” ujar Jupe menambahkan.

Sebagai pemain sepak bola profesional, kegagalan menembus babak semifinal tentunya sangat mengecewakan, pasalnya target yang ingin diraih adalah meraih gelar juara baik dalam setiap event yang diikuti.

“Pastinya kalau ditanya pemain kecewa atau tidak, tentunya kecewa karena tanggung sudah ada di sini,” ungkap Jupe.

Meski begitu, pemain yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini tak ingin larut dalam kekecewaan dan akan segera bangkit agar saat kompetisi Liga 1 2022-2023.

“Tapi perlu berlaruh di dalam kekecewaan karena ke depannya kita belajar untuk lebih memanfaatkan setiap pertadingan dan ada yang lebih berharga lagi buat kita,” tegas Jupe.

Persib pada babak penyisihan Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, berhasil keluar sebagai juara dengan mengoleksi tujuh poin.

Hasil tersebut, didapat tim kebanggaan Bobotoh setelah bermain imbang dengan Bali United di laga perdana, dan menaklukkan Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC.

Sedangkan PSS Sleman, merupakan runner-up Grup A. Sehingga, pada babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, Persib yang merupakan juara Grup C menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyambut baik rencana Piala Indonesia yang bakal bergulir pada Agustus 2022 mendatang.

Menurut pelatih asal Belanda ini, sudah seharusnya di Indonesia ada kejuaraan sepak bola selain kompetisi seperti di negara lainnya terutama Eropa, sehingga dia sangat antusias menyambut Piala Indonesia.

“Ya itu bagus, ini kabar bagus untuk sepak bola Indonesia karena memang seharusnya ada dua kompetisi seperti itu. Ada liga dan turnamen domestik,” kata Robert Alberts ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (30/06/22).

Lebih lanjut Robert Alberts menambahkan, idealnya di Indonesia tidak ada turnamen pramusim dan lebih baik di fokuskan untuk persiapan kompetisi dan turnamen domestik seperti Piala Indonesia.

Sebagai informasi, saat ini sedang bergulir Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, ajang yang diikuti 18 tim peserta ini sudah memasuki babak 8 besar.

“Saya selalu mengatakan itu, bahwa di pramusim idealnya tidak memainkan turnamen, lebih difokuskan untuk membangun tim untuk bertanding di liga maupun Piala FA (turnamen domestik),” ucap Robert Alberts.

“Jadi diharapkan kami bisa mulai bermain di Piala FA di fase reguler dan memberi nama apapun untuk gelaran itu, bisa FA Cup President atau yang lain,” ujar Robert Alberts menambahkan.

Robert Alberts menuturkan, ada banyak manfaat dari digelarnya Piala Indonesia, pasalnya tim peserta yang berasal dari tiga level kompetisi berkesempatan untuk menunjukkan kualitasnya.

Sehingga, bukan hal yang mustahil jika ada tim dari level kompetisnya berada di bawah bisa mengalahkan perwakilan Liga 1.