Timnas Indonesia Nyaris Selalu Dominan Kala Jumpa Brunei di Berbagai Level Usia: Potensi Pesta Gol di Piala AFF U-19 2022

Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam dalam laga pertama mereka di Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 akan kembali bertanding pada Senin (4/7/2022) malam WIB. Lawan yang bakal dihadapi tim Garuda Muda adalah Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia U-19 tidak hanya wajib menang dalam pertandingan ini. Tapi, tim asuhan Shin Tae-yong itu wajib pula menang dengan skor besar atas Brunei.

Kemenangan dengan skor besar akan sangat membantu Timnas Indonesia U-19 lolos ke fase selanjutnya.

Jika melihat kekuatan terkini Brunei dan rekor pertemuan mereka saat menghadapi Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh dkk layak percaya diri. Mereka bisa berpesta gol ke gawang Brunei.

Sementara di level senior, Timnas Indonesia kerap menang dengan skor besar. Pertemuan terakhir Tim Garuda dan Brunei di level senior terjadi pada 2012, di mana Timnas Indonesia menang telak 5-0.

Kalau bicara di kelompok usia U-19, Brunei justru lebih parah. Mereka sangat sulit mengimbangi permainan Timnas Indonesia.

Pada Piala AFF U-19 2019, Timnas Indonesia menang telak 6-1. Saat itu Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah masing-masing mencetak dua gol. Sementara dua gol lagi dicetak oleh Beckham Putra Nugraha dan Imam Zakiri.

Dalam gelaran Piala AFF U-19 2017, kemenangan lebih besar malah bisa diraih Garuda Muda. Ketika itu Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan 8-0 atas Brunei.

Ketika itu Rafli Mursalim mencetak hattrick. Sementara Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri masing-masing mencetak dua gol. Satu gol lagi dicetak Hanis Saghara.

Brunei memiliki kualitas di bawah Timnas Indonesia di berbagai level usia, termasuk di level U-19 pada Piala AFF U-19 2022 ini.

Namun, Timnas Indonesia U-19 punya target menang dengan skor besar dalam laga ini. Tentu menarik untuk menanti bagaimana strategi yang akan diterapkan Shin Tae-yong.

Apakah ia berani mengambil risiko untuk melakukan rotasi pemain. Misalnya dengan mengistirahatkan pemain kunci seperti Marselino Ferdinan

Sebab Piala AFF U-19 2022 memiliki jadwal yang luar biasa padat. Dalam fase grup ini, setiap kontestan hanya memiliki waktu istirahat satu hari sebelum menjalani pertandingan berikutnya.