Soal Flare, Iwan Bule Akan Temui La Grande Indonesia-Ultras Garuda

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, akan menemui langsung dua kelompok suporter Timnas Indonesia, La Grande Indonesia dan Ultras Garuda. Ini menjadi buntut penyalaan flare di Stadion Patriot Candrabhaga.

“Kami akan mencoba sama Sekjen nanti kami untuk membagi kaos ke mereka karena mereka suporter yang luar biasa, yang betul-betul die hard buat Timnas. Kami ada rencana ketemu mereka, pasti itu, nanti ada waktunya,” kata Iwan Bule –sapaan akreb Iriawan– saat ditemui pewarta, termasuk detikSport, selepas laga pertandingan.

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19, Sabtu (2/7/2022) malam WIB, diwarnai dengan penyalaan petasan dan flare. Momen itu terjadi pada menit-menit akhir pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Tribune utara dan tribune selatan yang paling banyak menyalakan flare. Sisi utara diisi oleh La Grande Indonesia, sisi selatan ditempati oleh Ultras Garuda.

Akibat penyalaan flare itu, PSSI sudah bersiap mendapatkan sanksi. Oleh karena itu, Iwan Bule pun mengimbau penyalaan flare di stadion tak terjadi lagi.

PSSI sebenarnya sudah mengumumkan imbauan agar tak membawa barang-barang seperti petasan, flare, korek api, rokok, juga senjata tajam. Tapi, tak diindahkan.

Dalam pengamatan detikSport, pemeriksaan menuju tribune juga tak maksimal. Penerangan minim,, hingga potensi untuk benda-benda yang dilarang lolos ke tribune sangat besar.

“Ini nanti dievaluasi dengan pihak keamanan. Kami sudah meminta Sekjen untuk melakukan koordinasi agar bisa menyortir betul. Kok, masih bisa masuk,” kata Iwan Bule.