Meski Antusiasme Tinggi, Tak Ada Jaminan Penonton Liga 1 Bisa 100 Persen

Tingkat kehadiran penonton belum bisa dipastikan mencapai 100 persen dari kapasitas stadion pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 nanti.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1, belum bisa menjamin hal itu. Sejauh ini, acuan nyata dari kehadiran penonton adalah yang tengah terjadi di turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

“Pada Piala Presiden ini, tingkat kehadiran penonton masih 75 persen (dari kapasitas total stadion),” tutur Ahmad Hadian Lukita.

“Itu menjadi acuan kami sejauh ini. Untuk Liga 1 nanti kita belum tahu seperti apa,” Direktur Utama LIB itu menambahkan.

PT LIB sejatinya sudah mengetahui bahwa minat penonton untuk datang langsung ke stadion demi melihat tim kebanggaannya sudah semakin tinggi.

Hal ini seperti yang terlihat dalam setiap kali Arema FC bertanding di markas sendiri yakni Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Aremania selalu hadir lebih dari 10 ribu pasang mata sejak Arema FC menggelar babak penyisihan Grup D, hingga perempatfinal lawan Barito Putera pada Sabtu (02/07/22) lalu.

“Kami melihat langsung semua venue di Piala Presiden ini. Antusiasme penonton sangat tinggi,” beber Ahmad Hadian Lukita.

Kendati demikian, PT LIB belum bisa menjamin untuk memberikan lampu hijau agar stadion bisa terisi 100 persen saat kompetisi Liga 1 nanti dimulai.

Operator Liga 1 itu sadar, bahwa pandemi covid selama dua tahun terakhir ini belum benar-benar pulih.

“Kami belum tahu akan ada varian apa lagi ke depan. Yang jelas, kami tidak ingin terjadi hal-hal yang dikhawatirkan,” jelas Lukita.

Sehingga, keputusan penuh tidaknya kehadiran penonton di Liga 1 akan dikembalikan lagi kepada pihak yang berwenang.

“Yang pasti kami terus komunikasi terus. Piala Presiden ini lah yang menjadi acuan kita,” tuntas dia.

Sementara itu, ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengabarkan tanggal kick-off Liga 1 2022-2023 pada Sabtu (02/07/22) kemarin. Dia memastikan kompetisi kasta tertinggi akan berlangsung mulai 27 Juli mendatang.

Hingga kini, persiapan Liga 1 masih terus dimatangkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Jadwal kick-off tidak mengalami perubahan.

“(Kick Off) Liga 1 Insha Allah 27 Juli,” ucap Mochamad Iriawan ketika ditemui di sela-sela pertandingan timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

“Kami akan laksanakan sesuai jadwal tanggal 27 Juli, hingga kini masih terus dilakukan persiapan,” tambah Iwan Bule, sapaan akrabnya.