Tak Usah Muluk-muluk, Timnas U-19 Diminta Menang Saja Dulu

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Brunei Darussalam dalam fase grup Piala AFF U-19 2022. Alih-alih target gol, Timnas diminta mengamankan kemenangan.

Usai menahan imbang 0-0 dengan Vietnam di laga perdana penyisihan Grup A, Indonesia akan melanjutkan pertandingan dengan menghadapi Brunei Darussalam.

Laga akan tersaji di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Senin (4/7/2022). Menyesuaikan evaluasi selepas melawan Vietnam, Garuda Muda memiliki kendala pada penyelesaian akhir.

Juru gedor Timnas Indonesia U-19 Hokky Caraka mengatakan persiapan melawan Brunei difokuskan pada mental. Sebab secara fisik ia menilai sudah cukup bagus.

“Persiapan cuma menyiapkan mental dan fisik saja, soalnya (sebenarnya) kemarin mental sudah bagus, tinggal meningkatkan mental biar bisa ambil kemenangan,” kata Hokky usai menjalani latihan di Lapangan Tajimamela, Bekasi, Minggu (3/7/2022).

“Evaluasi pelatih kemarin cuma finishing depan gawang dan ambil posisi kita di depan gawang karena masih agak kurang ya. Mungkin kita bisa memperbaiki lagi,” tambahnya.

Dibandingkan Timnas Indonesia, Brunei menuai hasil buruk di laga perdana mereka. Menghadapi Timnas Myanmar U-19, Brunei kalah telak 0-7 pada laga Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu (2/7/2022). Menanggapi itu, Timnas tak ingin jemawa.

“Enggak usah muluk yang penting kita menang dulu,” kata Hokky soal target.

“Kemarin itu, kami cuma kurang berani shooting saja semalam. Mungkin besok lawan Brunei saya akan berani lagi untuk shooting,” ujarnya.

Menyoal komunikasi, pemain kelahiran Gunung Kidul, 17 tahun lalu ini, mengatakan Timnas U-19 tak ada masalah. Ia menyebut para pemain sudah akrab satu sama lain.

“Kami sudah mulai akrab satu sama lain. Kalau bicara sudah tidak ada ragu-ragu lagi tetapi masih ada sedikit miskomunikasi di beberapa peluang akhirnya gagal menjadi gol,” kata Hokky.